Perlu Diperhatikan Saat Memesan Hostel Supaya Tidak Menyesal


        Hostel dan hotel beda loh yaa… Karena di hostel kamu tidak akan menemukan fasilitas seperti di hotel. Hostel adalah penginapan yang terpopuler untuk sekala backpacker ehh jangan salah ada juga hostel dengan fasilitas seperti di hotel loh. Yang jelas, kalau kalian ingin mencari teman di perjalanan, menemukan cerita baru dengan sharing dengan teman baru, hostel memberikan space publik untuk hal itu. Tapi banyak yg tidak tahu dan akhirnya menyesal karena setelah memesan hostel ternyata ekspektasinya berharap seperti hotel. Nah, untuk menghindari penyesalan tersebut, maka saya punya beberapa hal yang harus sama sama kita perhatikan sebelum memesan hostel.

Jenis Kamar

Jenis kamar ini juga akan mempengaruhi harga, tapi nanti harga akan saya bahas di point berikutnya. Nah, perlu teliti saat hendak memesan hostel adalah jenis kamar. Hostel menyediakan beberapa jenis kamar mulai dari dormitory, single room, double room, twin room, atau trippel room, family room. Nah loh….
Kalau dorm itu berarti kalian tidak akan sendiri dalam suatu kamar alias satu ruangan akan ada 4 bed, 6 bed, 8 bed, 10 bed, atau bahkan ada yang 20 sampai 24 bed tergantung hostel. Ada yang namanya bunk bed (bed atas bawah dipisahkan dengan tangga untuk yg di atas 'lihat gambar diatas') dan ada yang bed dengan ranjang biasa. Dorm juga ada yang mixdorm (alias cewek dan cowok di campur), ada yang female dorm (khusus untuk cewek), dan male dorm (khusus untuk cowok). Kalau kalian solo backpacking dan pengen dapet temen baru bisa lah gabung ke dormitory. Atau mungkin pengen cari jodoh bule bule, bisa juga pesen di mixdorm. Biasanya backpacker luar negeri yang prioritas untuk keliling dunia dari negara satu ke negara lain dan mengenal budaya bahkan bercengkrama dengan warga lokal, mereka akan lebih memilih dormitory, selain alasannya mungkin di budget lebih murah juga. Hehe….
Sedangkan kalau single room maksudnya satu kamar sendirian. Kalau twin room maksdunya dalam satu kamar akan ada 2 bed untuk 2 orang. Kalau yang double bad maksudnya 1 bed ukuran besar (biasanya ukuran 1) untuk 2 orang.  Kalau yang trippel room, itu tergantung hostelnya. Karena ada yang menyediakan trippel room dengan 1 single bad dan 1 double bad dan ada yang menyediakan 3 single bed bahkan ada yang satu bed bisa diisi tiga orang. Sedangkan kalau yang family room itu hampir sama dengan trippel room tapi kadang ada hostel yang menyediakan untuk 3 sampai 5 person dengan bed yang beragam ukurannya.

Harga
Setelah menentukan jenis kamarnya mau seperti apa, saya kemudian melihat harganya. Harga hostel tergantung tempatnya broo. Tapi range harganya biasanya dibawah 200 ribu. Untuk harga dorm malah dibandrol dibawah 150 ribu kebawah bahkan ada yang menawarkan 35-60 ribu per malam untuk mixdorm. Seriuss deh, aku pernah dapet waktu main ke Kuala Lumpur. Untuk setiap jenis kamar tentu berbeda harga harganya. Tapi coba lihat dan bandingkanlah satu jenis kamar yang kamu incar di beberapa hostel yang ada.
Kamu bisa mencari cari dan memesan tiket hostel di website besthostels.co.id, traveloka, booking.com, agoda.com, dan sejenisnya (tidak bisa menyebutkan satu satu saking banyaknya iklan hotel/hostel dan saya juga tidak bermaksud promosi). Silahkan cari sendiri, tinggal filter harga dari yang terendah, dengan begitu kita akan menemukan harga mana yang sesuai dengan kantong dan kamar keinginan kita.

           Lokasi


       Kemudian yang perlu dipertimbangkan adalah lokasi hostel. Apakah hostel memiliki jarak yang dekat dengan station, terminal, halte, mushola, pusat perbelanjaan, rumah makan, ataupun supermarket yang menurut kamu itu adalah hal yang membuat kamu nyaman. Saran saya sih, carilah penginapan yang jaraknya dekat dengan station atau halte bus dan rumah makan serta tidak bising sehingga kamu bisa tidur nyenyak dan merasa mudah jika ingin kemana mana serta tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk pergi dari hostel saat hanya hendak mencari makan.  

            Fasilitas dan Kebijakan
       Setelah lokasi, coba perhatikan juga dengan fasilitasnya. Apakah fasilitas yang disedikan sudah cukup membuatmu nyaman? Ada beberapa hostel yang tidak memasukkan sarapan ke dalam tiket pesananan dan ada juga yang memasukkan. Ada beberapa hostel yang tidak menyediakan selimut untuk pelanggannya. Kalau masalah wifi sepertinya semua hostel tentu sudah menyediakan. Jika kamu membutuhkan penginapan yang memiliki selimut, tambahan sarapan, jasa laundry atau alat untuk seterika, atau mungkin hairdryer, kamu harus mencari hostel yang seperti itu karena tidak semua hostel menyediakan. So, kalau kamu sudah fix cocok dengan hostelnya, mungkin kamu bisa menghubungi mereka untuk bisa atau tidak menambahkan apa yang kamu inginkan tersebut. 
       Oh ya, masalah kamar mandi nih. Kalau dormitory biasanya sharetoilet, jadi kamar mandi satu atau dua untuk rame rame atau bahkan untuk beberapa kamar sekaligus. Saya pernah stay di single room dan double room di hostel yang kamar mandinya di luar sharing dengan kamar kamar lainnya. Tapi, ada juga kok hostel yang menyediakan ruangan atau kamar include kamar mandi di dalam. Jadi sebelum pesan, kalian coba cek dulu ya, kamar mandinya di luar atau di dalam. Kamar mandi pribadi atau sharetoilet.
Sebelum memesan sebaiknya baca dulu kebijakan hostelnya. Ada beberapa hostel yang memiliki peraturan tertentu seperti ketentuan syarat pembatalan pemesanan, sampai pukul berapa tamu bisa keluar masuk, waktu untuk check in dan check out, atau kalau mau check in harus bayar deposit yang bisa diambil lagi saat check out, dan ada juga yang mensyaratkan kartu kredit. Nah, kalau gak ada kartu kredit kan repot.  Ada juga hostel yang menerapkan deposit dan pajak, jadi kamu juga harus teliti masalah itu.  

      Reviewer
Baca juga ulasan ulasan atau review hostel dari pengunjung yang sebelumnya. Itu berharga banget sebagai pertimbangan kita. Kalau banyak yang komentar positif, bolehlah diambil. Kalau banyak yang memberikan masukan negative, sebaiknya jangan ambil walaupun harganya murah meriah banget di kantong dan letaknya strategis. Kalau ada yang komentar negative dan positif seimbang, bolehlah dipikirkan lagi dengan mempertimbangkan poin poin diatas. Reviewer seperti di tripadvisor dan traveloka (kalau kalian menggunakan jasa ini) biasanya akan menilai dari lokasi, kebersihan, keramahan petugas/pelayanan, serta kenyamanan dan keamanan. Aplikasi lain seperti besthostels, Agoda, Booking.com dll juga ada reviewnya, silahkan kalian lihat dulu ya. Kamu bisa dapatkan informasi dari mereka yang sudah menggunakan hostel tersebut.

                Lihat foto tempat
          Dengan hanya membaca tulisan dan tanggapan tanggapan orang, saya terkadang masih kurang puas jika belum melihat bagaimana sih luar dan dalam dari gedung penginapan saya nanti. Hehe…. Dari sebuah foto saya bisa melihat apakah saya bisa cocok dengan suasana dan kondisi seperti itu ataupun tidak. Sehingga ketika saya datang nanti ke ketempat itu, saya sudah tidak lagi kaget. Oh ya, foto yang diambil oleh para reviewer yaaa jangan dari hostelnya (biasanya gambar dan kenyataan berbeda). Kamu bisa lihat di google map ataupun di tripadvisor. (just recommended). 

Okay guys…mungkin demikian share tips dan trik dari saya seputar bagaimana mencari hostel yang tidak akan membuat kita menyesal. Jikalau ada masukan, tambahan, usul, ataupun berbagi sedikit ceritanya terkait artikel ini, bisa deh dikomentar dibawah. 
 
Salam backpacker!



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.