Tips Traveling Hemat di Singapore (Backpacking)




          
  Hei! Yang mau liburan ke Singapore cieeee….Tapi gak mau ngeluarin budget gede, hehe…. Pasti deh cepetan klik page ini. Hayoooo, ngaku? Hiraukan foto Merlion yang mengerikan diatas yaahh...hehehe, pas mau hujan deres ngambilnya.

Kalau saya sendiri awalnya terlalu takut mau pergi ke negara ini karena cuma punya budget minim. Maklum mahasiswa kereee….. Apalagi pas waktu banyak random check, waduhhhh di panding dulu ah buat nabung dari pada di deportasi cinn. Tapi seketika itu, karena duit enggak ngumpul ngumpul banyak karena keperluan juga banyak. Akhirnya saya pernah nekad mencoba pergi ke Singapore dengan budget minim yaitu sekitar 500 ribu untuk 2 hari. Mau tahu tips dan trik hemat ke Singapore? Yukk….simak!
  
    
        1. Manfaatkan promo tiket pesawat ke Singapore

         Wahhh…banyak banget tuh promo tiket pesawat ke Singapore, apalagi maskapai Airasia sering banget cuma modal 150 ribu doang dari Jakarta ke Singapore. Kalau hari hari biasa juga cuma 250 ribu’an paling mahal 300 ribuan. Asal jangan pergi waktu holiday atau hari hari besar perayaan aja, pasti dah harga tiket melambung 2 kali lipat. Lihat lihat season yaa guys dan sering sering juga patengin website agen travel atau maskapainya.

     2. Pesan hostel murah tapi nyaman


          Inget yah! HOSTEL bukan HOTEL. Soalnya fasilitas di hostel akan berbeda dari hotel. Soal ini juga kamu harus pintar pintar. Memang sih ada harga ada kualitas. Tapi kamu juga jangan asal pilih hostel saat hendak ke Singapore. Bisa jadi ya di satu tempat harganya murah meriah tapi fasilitasnya juga banyak minusnya atau tidak sesuai dengan ekspektasi kamu. Sedangkan di tempat lain sama murahnya cuma beda dikit tapi fasilitasnya buat nyaman. Maka saya ambil yang mahal dikit dengan fasilitas nyaman, karena jika tidak nyaman maka kita akan merasa sedikit menyesal. Wkwkwk….percaya deh. Selain mengurutkan harga hostel dari yang termurah, saya biasanya melihat juga komentar komentar dari para reviewer baik di traveloka (biasanya saya pesan melalui ini, tapi bukan promosi yaaaa) atau pun melalui tripadvisor. Range harga hostel yang menurut saya murah yaitu 103.000 sampai 150.000 kalau lebihnya saya enggak ambil. Hehe……Terakhir saya ke Singapore, saya menginap di Moni Gallery Hostel, yang menurut saya harga murah dengan fasilitas lengkap sehingga cukup nyaman untuk stay beberapa hari. Di daerah Bugis juga banyak tuh hostel murmer yang nyaman. Baca juga beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memesanhostel
   
     3. Makan di rumah makan murah meriah 


             Ini adalah hal yang perlu di perhatikan saat di Singapore. Karena sekali makan disana pasti dah keluar uang minimal pling murah makan dan minum SGD 6 keatas. Kalau akhir tahun 2017 SGD 1 nya Rp 10.000,-, bisa bayangin sekali makan habis berapa. Gak akan nemu yang cuma SGD 4,5. Ada sih, paling cuma dapet minuman doang atau nasi lemak doang, atau bubur ayam doang. Ehh… Ada ding, es krim SGD 1 udah ada rotinya. Wkwkwk…. Kalau kamu tinggal di daerah Chinatown atau Little India, agak susah cari makanan halal. Tapi kalau kamu daerah Bugis apalagi Masjid Sultan, wahhh…banyak banget pilihan makanan halalnya bahkan makanan Indonesia mulai dari masakan minang, nasi padang, sampai soto jawa juga ada guys, dengan harga yang murmer alias murah meriah kita bisa kenyang makan. Kalau saya disana, mentok makan ya nasi goreng, nasi ayam, nasi lemak, bubur ayam, atau lari ke MCD beli Chicken Wings yang ternyata dengan sekitar SGD 4.5 banyak banget broo, makan chickennya aja saya kenyang. Kalau saya sendiri memang dasarnya susah bakan makanan dengan bumbu yang aneh, hehe…maklum lidah masakan Indonesia only. Saya sampai bawa orak arik loh dari rumah. Hehe…parahh yaaa. Coz’ penginapan saya di dominasi makanan Chinese dan India.

               4.  Pakai MRT


       Kalau kamu cuma seperti saya yang gak puya budget besar atau saya sering panggil diri saya sendiri dengan sebutan backpacker kere. Alamakk….udah backpacker ditambah kere pula. Wkwkwk…… Saya beli STP atau Ez-link untuk naik MRT dan bisa pergi muterin Singapore sepuas hati. Kalau cuma 2 hari seperti saya sih, beli STP aja guys, deposit kita ambil lagi di Ticket Office waktu di bandara buat beli makanan di bandara atau pesawat atau buat di tuker di negara selanjutnya seperti Malaysia. Wwkwkwk lumayan lah SGD 10 kalau ditukar ke RM bisa buat beli kaos atau gantungan kunci yang RM 6 dapet banyak. Baca juga cara naik MRT di Singapore

      5. Manfaatkan Tap Water



      Kalau mau minum di Singapore, kalian gak perlu khawatir uang bakalan habis buat beli air minum, soalnya banyak di bandara, di station, di mall, di rumah makan, yang menyediakan tap water gratis. Jadi dari rumah kalian bawalah botol air minum dan bisa isi air minum di tap water sana.


      6. Jangan manja kalau banyak jalan

       Selain naik MRT dan bus, kalian pasti akan jalan dari station atau halte ke tempat wisata. Kalau pun harus jalan dikit dan menyebrang jalan ke sana kesini, please jangan ngeluh! Emang sih di sana ada Taksi atau Grab yang tinggal panggil atau klik gadget bakalan rela nganterin kamu biar gak kepanasan atau kehujanan ke obyek wisata tujuan kamu, tapi kamu harus siap dengan harga yang lumayan mahal yang mereka tawarkan. Kalau anak backpacker sih harusnya jalan bisa menjadi alternative terfavorite dari pada mengeluarkan biaya, iya kan?

     7.  Manfaatkan wifi gratis

      Pengen bisa update, upload foto dan video kalian secepat mungkin. Ceilehh…. Atau pengen segera nyicil pesenan teman berupa tulisan nama mereka terus difoto ditempat tempat wisata yang kita kunjungi dan itu banyakkkk bangetttt....Eh, tapi gak ada budget buat beli paket data disana? Jangan khawatir hei backpacker! Bersabarlah sampai kalian bisa dapatkan Wifi gratis dan berburulah. Kalau di hostel tentu pasti ada wifi gratis, di bandara juga pasti ada, nah selebihnya kalau mampir di warung makan kalian bisa juga minta kode wifinya. Manfaatkanlah jaringan wifi di sekitar kalian. Tapi gimana dong kalau buat google map? Sekarang ada map yang offline yang bisa kamu unduh atau saat ada wifi kamu bisa buka dengan memperhatikan view street di google map dengan sebaik baiknya kemudian di hapal rute jalannya. Ehh…api kalau masalah jalan, kalian juga bisa manfaatkan warga lokal buat tanya tempat disana, itu paling praktis.

8. Beli oleh oleh di tempat yang tepat 



 Kalau kamu mau dapat oleh oleh seperti gantungan kunci, kaos, dan assesories lain lain yang murah di Singapore, pergilah ke Bugis street. Nah, disana memang pusat perbelanjaan barang barang untuk oleh oleh yang murmer. So, tapi kudu tahan kalau berjubelan dengan orang dari banyak negara. Jalan itu udah kecil ditambah puadettt banget, sesak saya masuknya. Tapi ya keuntungannya lebih murah, wkwkwk...tinggal pilih wae maunya gimana. Tapi kalau mau yang murah dan tempatnya nyaman dikit, pergilah ke Mustafa Center. Kamu bisa menemukan oklat Singapore yang harganya sedikit miring disana.  

Oke, apa lagi yaaa??? Saya sudah mentok disini sepertinya. Nanti kalau saya nemu yang buat hemat lagi, saya akan share lagi di page ini. Mungkin ada tambahan, usul, atau cerita yang lain dari teman teman bisa share di komentar yaaa…. 

Salam backpacker!
 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.