Transportasi Jakarta ke Lampung


"Gimana caranya ke Lampung dari Jakarta? Naik apa aja alternatifnya? Kalau buat backpacker enak pakai apa? Kalau naik bus dari mana? ada travel yang langsung ke Lampung enggak? Kalau mau naik pesawat kira kira harga normal berapa? "

dannnnnn banyak lagi pertanyaan seputar bagaimana menuju Lampung dari Pulau Jawa yang pernah saya dengar dari teman teman rumahan (alias sukanya dekem di rumah saja "zona nyaman") atau mungkin memang seperti saya sendiri yang kebingungan solo backpacking pulang dari Jawa ke Lampung beberapa waktu lalu.

 Berikut ini beberapa alternatif public transportation yang bisa kamu gunakan jika menuju ke Lampung dari Jakarta.


1. Pesawat Terbang

 Widihh, ngegaya lah yaa... Walau pilihannya maskapai yang delay sampai berjam jam. wkwkwk.... Yang saya tahu, ada beberapa maskapai yang melayani rute Soekarno-hatta Airport/ Halim Perdana Kusuma ke Raden Inten II Airport (Bandara di Lampung), diantaranya ada Garuda, Sriwijaya, NAM, Citilink,  Lion, Wings, dan Batik. Kalau yang paling murah biasanya Lion. Dengan harga 190rb - 250rb, kita bisa menggunakan jasa mereka, walau kadang penerbangan kedua dan seterusnya kudu delay berjam jam. Keuntungannya waktu tempuh yang cuma 50 menit dari Soekarno-Hatta benar benar sangat efisien waktu.


Tapi bagi kamu yang memang berada wilayah Jakarta dan hendak ke Soetta, kamu harus naik taxi ataupun ada alternatif yang paling murah lagi yaitu dengan damri yang berada di Stasiun Gambir menuju ke Bandara Soetta. Tarif damri nya yaitu sebesar 40rb. Kalau kamu gak mau ribet ke Soetta dulu, bisa juga dari Halim Perdana Kusuma Jakarta. Tapi biasanya penerbangannya tidak selengkap dengan di Soetta, kadang malah pakai transit dulu, kadang juga cuma ada beberapa jam terbang yang langsung ke Lampung.

Sesampainya di Bandar Lampung nanti, ada beberapa alternatif untuk ke kota Bandar Lampung. Soalnya bandaranya lumayan agak jauh dari pusat kota. Jadi kudu naik taksi, bus, ataupun angkot. Kalau naik angkot mungkin cuma habis 10rb saja dengan dua kali ganti (stop di natar dan dilanjut dari natar ke bandar lampung). Nah kalau naik bus juga sama sekitar 10-15rb saja tergantung kendektornya bersahabat atau tidak, kalau bersahabat dikasih 10rb  ya mau aja. Kalau taxi ini lumayan mahal teman teman, cuma efisien waktu. Dari bandara Raden Inten ke Rajabasa Bandar Lampung sekitar 90rb, kalau ke tanjung karang sekitar 115rb. Nah kalau kemalaman dan enggak pakai taxi bandara, kamu juga bisa lanjut dengan naik grabcar/Gocar sekitar 65rb (lebih murah dikit dari taxi).

2. Mobil Travel

 Kalau kalian tipe orang yang gak mau repot dan mencari kenyamanan, kamu bisa telpon agen yang menyediakan mobil travel untuk menjemput  kamu di seputar Jakarta menuju Lampung. Banyak yang menyediakan jasa travel dari Jakarta ke Lampung, seperti Lampung Travel, Lampung Tranz, Dokari Tranz, Lampung Tranz, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya mungkin kamu bisa searching nama nama travel tersebut sendiri. Karena saya bukan bermaksud promosi'in mereka. hehe... Untuk harganya biasanya dari Jakarta ke Bandar Lampung sekitar 250 - 300 rb. Mereka juga tidak hanya melayani rute Jakarta - Bandar Lampung. Tapi bisa juga dari Jakarta ke Metro, Pringsewu, Bandar Jaya, Talang Padang dan banyak lagi daerah daerah seputar Lampung. Jika kalian dari Soetta, mungkin bisa pakai jasa agen Lampung Travel dengan Soetta - Bandar Lampung sekitar kurang lebih Rp 350.000. Walahh...kok malah lebih mahal Travelnya yaa dari pada tiket pesawat?? hehe...makanya saya gak pernah pakai mobil travel selagi  ada tiket pesawat murah. Tapi bagi kamu yang pengen cari pengalaman jalur darat dan pengen tetap nyaman, bisa nih pakai alternatif yang ini.

3. Bus Damri




Ini adalah alternatif ter-favorite saya selama ini. Saya pernah menggunakan Damri dari Soetta ke Lampung. Alternatif pertama kalau dari Soetta pengen pergi ke Jakarta dulu (Karena bandara tersebut adanya di Cengkareng Tanggerang) bolehlah ambil Damri dari soetta jurusan Stasiun Gambir. Harganya sudah saya jelaskan diatas, yaitu 40rb saja. Nah disana nanti ada Damri yang akan membawa kamu langsung ke Lampung tanpa ganti ganti bus lagi, kalau kelas bisnis AC biasanya Rp 160rb kalau mau eksekutif dan royal class harganya beda beda tipis, bedanya sekitar 50-70rb'an. Tapi kalau dari Soetta pengen langsung ke Lampung pakai Damri juga bisa sih, alternatifnya ngeteng pakai damri. Jadi dari Soetta langsung ke pelabuhan Merak, harga sekitar 60rb. Kemudian dilanjut dari Merak nyebrang dengan ferry Rp 15rb. Terus dari bakauheni ke Bandar Lampung sekitar 30rb. Total sekitar 105 rb. Nah...lebih murah kan.

4.Ngeteng Kendaraan

Maksud dari poin ini yaitu kamu bisa menghemat sehemat hematnya dengan cara ngeteng bus dicampur dengan kereta atau angkot dari Jakarta ke Lampung. Kalau yang ini tidak direkomendasikan bagi yang gak mau ribet. Soalnya kamu bakalan naik turun dan berganti kendaraan demi menghemat budget. Cara ngetengnya begini, dari Jakarta naik kereta Lokal Tanahabang - Rangkasbitung cuma 8rb kemudian dilanjut dengan kereta Lokal Rangkasbitung - Merak Cilegon cuma 3rb. Setelahnya naik Ferry bayar 15rb dan dilanjut bus dari Bakauheni ke Bandar Lampung sekitar 30rb. Jadi total Jakarta - Bandar Lampung 56rb

5. Naik Mobil atau Motor Pribadi

Yang satu ini saya tidak perlu menjelaskan lah yaaa . . . . .  Tanyao mbah Google rutenya.

Gimana?....masih bingung ke Lampung mau naik apa?! Banyak kan alternatif transportasinya?!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.