Transportasi Lampung ke Palembang



Sumber foto : Wikipedia.Palembang


 
Setelah postingan saya sebelumnya "Naik apa dari Jakarta ke Lampung" , Kali ini saya akan meneruskan hingga ke tetangganya yaitu "Palembang - Sumatera Selatan". Bagi teman teman yang masih bingung hendak ke Palembang naik apa atau bagi backpacker mungkin yang sedang mengelilingi Indonesia hendak ke Palembang dari Lampung atau sebaliknya, mungkin postingan ini bisa membantu kalian yaaaa. . . .

Ada beberapa alternatif yang bisa kalian gunakan dari Lampung ke Palembang

1. Kereta

Transportasi publik ini adalah salah satu yang banyak diminati. Bahkan sebagian paling suka naik kereta. Kamu bisa naik dari Stasiun Tanjung Karang Bandar Lampung ke Stasiun Kertapati di Palembang (dekat jembatan ampera).  Walau sebenarnya bisa saja kalau mau naik dari stasiun Bandar Jaya, Tegineneng, dan lain sebagainya yang ada di Lampung, tapi umum dan pusatnya ya dari Tanjung Karang. Untuk tarifnya, yang ekonomi seharga 30rb - 35rb, dan bisnis seharga 125rb - 150rb. Untuk tarif yang eksekutif seharga 160 - 190rb. Waktu tempuh menggunakan kereta sekitar 9 - 10 jam. Tiket juga bisa kalian beli via online seperti di KAI ataupun Traveloka (bukan maksud promosi yaa).

2. Travel

Bagi teman teman mahasiswa di kampus saya, mereka lebih suka menggunakan alternatif ini karena tidak perlu pergi ke stasiun dan menunggu lama. Mereka lebih suka naik mobil Travel. Dengan waktu tempuh 8 jam, tarif yang dikenakan sesuai dengan agen travel masing masing. Kalau saya pernah menggunakan Ratu Intan Travel dengan tarif 200rb, pernah juga coba dengan TOP Travel dengan tarif 225rb. Tapi mereka tetap jalan walaupun yang pesen dan isi mobil cuma satu orang doang. Pernah tuh saya ke Palembang bareng Travel TOP cuma berdua sama si sopir. hehe... Untuk waktu keberangkatan biasanya jam 9 pagi, terus ada yang jam 1/2 siang, biasanya ramenya sih yang jam 5 sore atau 7 malam. Oh yaa tarif tersebut hanya sampai ke seputar Palembang kota dan tempat mereka di jl.Veteran Palembang (loket Ratu Intan dan TOP itu bersebelahan). Nah, bagi kalian yang tujuannya sedikit keluar dari Pelembang, maka kudu bayar tambahan lagi langsung ke sopirnya. Saya pernah dulu ke Bandara Sultan Mahmmud Badarudin II Palembang, jadi kudu nambah 50rb lagi. Tapi untuk saat ini, di Palembang ada ojek Online kok, ada Grab ataupun Gojek. Jadi mungkin bisa menggunakan transportasi tersebut, easy pokoknya. Sebenarnya sih selain dua travel itu masih banyak sekali travel travel di Lampung, cuma saya pernah cobanya ya cuma dua travel itu dan merasa nyaman dan puas dengan pelayanan mereka. hehe, sometime saya coba yang lain.

- Untuk travel TOP yang dari Lampung, kantor mereka di Jl S Parman No 03/12B Telp (0721) 269300. Untuk yang dari Palembang, kantor mereka di Jl Veteran No 34 D Telp. (0711) 357032 - 317770 Travel ini juga melayani rute Pekanbaru, Sarolangun, Jambi, Bengkulu, Muara Bungo, Lubuk Linggau.

-- Untuk travel Ratu Intan yang dari Lampung, kantor mereka di Jl Cut Nyak Dien Telp (0721) 251335 atau 085378752545. Untuk yang dari Palembang, kantor mereka di Jl Veteran No 34 D Telp. (0711) 318446 atau 085268941966. Travel ini juga melayani rute KA tungkal, MA bungo, Bengkulu, Padang, Bukit Tinggi, Sarolangun, Tembilahan, Linggau, Pekanbaru, Bangko, Curup.




*harga mungkin bisa berubah sewaktu waktu ya guyss...


 3. ALS

 Sebenarnya ini juga salah satu alternatif dari Bandar Lampung ke Palembang, tapi saya peribadi belum pernah mencoba. Agen bus ALS Kota Bandar Lampung ada di Jl. Kapten Abdul Hak No.75 (0721-7482677) dan Agen bus ALS Palembang ada di Jl.Soekarno Hatta Km.10 (0721-7482677). Karena penampakan bus ALS yang tidak menyakinkan nyamannya, maka saya kurang tertarik untuk mencobanya. Kalau tarif pastilah lebih murah dibanding kereta atau travel, tepatnya berapa saya kurang tahu. Mungkin kalian yang memprioritaskan harga dan pengalaman, boleh deh langsung tanya dengan menghubungi kontak tersebut.

4. BUS BUS lainnya
Banyak sekali bus rute lintas Sumatera yang tujuannya ke Lampung bahkan sampai ke Jawa Jember seperti contohnya bus NPM, bus ANS, bus SAN, putra pelangi, dan lainnya. Kelasnya bus berbagai macam guys, ada yang ekonomi bahkan eksekutif loh. Oh ya, nanti aku buatkan postingan khusus bus bus lintas Sumatera ya guys, sekarang kalian bisa milih sesuai dengan budget kalian. 

Silahkan teman teman pilih yang mana sesuai dengan budget dan kenyamanan masing masing ^_^
Happy Travelling yaaaa . . . .


Tag:
Transportasi ke Palembang dari Lampung, Cara ke Palembang, Naik apa ke Palembang, Palembang dari Lampung, Bus Palembang, Kereta ke Palembang, Travel ke Palembang, Wisata Palembang

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Tapi sayang ya, travel top sudah tidak beroperas lagi armada utk penumpang.

Diberdayakan oleh Blogger.