38 Tempat Wisata Gratis di Singapore


Tempat wisata gratis di Singapore selalu menjadi buruan bagi para traveller yang minim budget atau backpacking. Setelah tulisan saya Tips Traveling Hemat di Singapore, kali ini saya akan berbagi informasi yang mungkin bisa berguna untuk anda yang tengah atau akan pergi ke Singapore. Berikut tempat wisata gratis di Singapore yang bisa masuk daftar list anda

1. Merlion 

 By Ghoffar Amin

       Ini adalah tempat paling famous sekali, pokoknya kalau belum foto sama patung singa ini serasa belum ke Singapore. hehe, iya kan? Tempat ini seperti taman yang bisa dikunjungi para wisatawan dengan gratis. Untuk mencapai tempat ini, alternatif paling murah dan mudah dengan MRT.  Baca juga cara naik MRT di Singapore.  Cara ke Merlion Park Singapore dengan MRT, anda bisa melalui jalur MRT green line (East west line) atau MRT red line (North South Line) dan berhenti di Stasion MRT Raffles Place. Kemudian keluarlah melalui exit B dan belok kanan menuju Singapore river. Kemudian belok kanan lagi hingga nemenui cavanagh bridge dan hotel furllerton (posisi anda akan berada di sebelah kiri hotel tersebut dan tepat disebelah kiri anda adalah Singapore River. Setelah itu anda akan ketemu jalan raya, menyebranglah. Setelahnya anda akan melihat Merlion Park di depan anda.

2. Esplanade

sumber : www.esplanade.com

    Biasanya para wisatawan akan berkunjung ke tempat ini satu paket dengan Merlion Park. Kalau dari Merlion park, anda hanya tinggal berjalan melalui jembatan penghubung dari Merlion ke Esplanade (Gedung durian). Gedung ini sebagai pusat pertunjukan seni. Tempat ini gratis dimasuki pada hari senin-jumat pukul 10.00 - 20.00 dan sabtu 11.00 - 20.00. Esplanade ini hanya berjarak 10 menit dari MRT City Hall.

3. Marina Bay Sands
koleksi pribadi
     
     Marina Bay Sands merupakan kompleks mal dan hotel mewah, casino, pusat hiburan, pertunjukan, convention dan exhibition hall. Ini juga iconic Singapore yang terkenal selain Merlion dan Esplanade. Letaknya pun masih satu kompleks dengan wisata yang saya sebutkan diatas. Anda bisa berfoto gratis dengan background gedung ini atau hanya berkeinginan untuk melihat lihat tempat ini saja. Kalau MRT yang terdekat adalah MRT Bayfront. Anda juga bisa berjalan dari Merlion dan Esplanade ke tempat ini.

4. Double Helix Bridge
By Ghoffar Amin



      Tempat ini sebenarnya hanyalah sebuah jembatan yang menghubungkan Marina Center dengan Marina Bay. Kerennya jembatan ini adalah bentuk arsitekturnya yang yang mirip dengan model DNA. Untuk foto di tempat ini gratis baik siang maupun malam. Anda bisa turun di MRT promade atau di MRT Bayfront. Kalau dari bugis bisa naik bis no 133, terus turun di Hotel Marina Bay Sands. Kalau dari MRT Promade, and abisa foto dulu di fountain wealth suntec, kemudian ke helix bridge. Setelah itu bisa main ke Garden By The Bay atau ke mall Marina Bay Sands nonton air mancur water light Spectacular.

5. Garden by The Bay
 By Ghoffar Amin
By Ghoffar Amin

      Anda bisa berhenti di MRT Bayfront jika ingin ke tempat ini. Tapi jika anda sudah terlanjur berjalan dari Merlion ke Esplanade dan menyebrangi jembatan menuju Marina Bay Sands, nah taman ini tepat berada disampingnya Marina Bay Sands. Taman inipun menjadi iconic Singapore yang wajib dikunjungi. 

    6. Old Hill Steet Police
    Sumber : www.gov.sg

        Ini juga adalah salah satu bangunan dengan arsitektur yang unik di Singapore. Bangunan ini memiliki sekitar 900 buah jendela dengan bingkai berwarna warni. Bangunan ini bisa menjadi paket tujuan wisata dengan Clarke Quay. Bangunan ini dahulu bernama The Old Hill Street Police station, sekarang digunakan sebagai kantor MICA (Ministry of Information, Communications and the Arts). Untuk ketempat ini sangatlah mudah, anda bisa berhenti di Clarke Quay station dan berbelok kiri menuju jembatan ke arah Singapore River, nah disana nanti ada akan melihat bangunan dengan jendela berwarna warni. Foto ini tempat ini tentu bisa membuat koleksianmu kece abis. Ya, gratis dan manis.

    7. Carke Quay
      Sumber : www.singapore-guide.com

             Turunlah di station Clarke Quay dan berjalanlah ke arah sungainya (Singapore River). Clarke Quay berada di tepian Singapore River yang terkenal dengan kehidupan malamnya. Yaa, sangat romantis sekali rasanya jika anda berkunjung kemari saat malam hari. banyak tempat makan, perbelanjaan, dan hiburan di area seluas 23.000 meter ini. Terdapat blok perumahan dan pertokoan. Banyak restoran, pub serta wine bar disekitar sini. Anda bisa berfoto ditempat ini dengan background Qlarke Quay malam hari.

    8. Orchard Road
        Sumber :Singapore-guide.com

              Ini adalah sebuah jalan dengan pusat perbelanjaan dan hiburan di Singapore. Berbagai jenis barang di jual ditempat ini. Di tempat ini banyak dijumpai restouran, cafe, hotel, dan hiburan malam kelas dunia dekat dengan pusat bisnis Singapore. Tempat murah para wisatawan berbelanja biasanya ke Lucky Plaza. Ada tiga station MRT yang berada di sepanjang Orchard Road ini, yaitu Orchard, Somerset, dan Dhoby Ghaut. Sekedar berfoto dan berjalan jalan ditempat ini, anda tidak dikenai biaya kok. Kecuali kalau anda ingin berburu barang dan makanan.

    9. Sentosa Island

     By Ghoffar Amin

          Salah satu tempat tervaforite para wisatawan yang berkunjung ke Singapore. Sentosa memiliki wahana rekreasi yang begitu lengkap. Anda bisa menggunakan MRT dan berhenti di Harbourtfront (Vivo City Mall). Dari sana, anda bisa mengikuti petunjuk arak ke Sentosa boardwalk jika ingin menggunakan Sentosa boardwalk, tapi jika anda ingin menggunakan Monorail juga ya silahkan. Boardwalk tarif 1 SGD, Monorail 4 SGD, dan Bus 2 SGD. Kalau pengen murah ambil yang Boarwalk hanya 1 SGD. Terakhir saya kesana sih tidak bayar sama sekali. Entah karena masih pagi dan pas sesudah hujan atau bagaimana saya tidak tahu. Pemandangan menuju Sentosa dengan Boarwalk juga sangat asik dan bagus kok, banyak spot foto yang kece juga loh. Di Sentosa Island, akan ada banyak tempat yang bisa anda kunjungi. Ada USS, Solo beach, kembarannya Patung Merlion (Merlion Sentosa), dan lain lainnya. Simakk terus ke bawah yaaa. . . .

10. Bola Dunia Universal Studio Singapore (USS)

koleksi pribadi

         USS ini terletak di Sentosa Island. Sebagian wisatawan memasukan USS di barisan/list teratas setelah patung Merlion. Karena kalau belum foto di depan bola ini biasanya kurang puas. Nah, kalau cuma dateng dan foto di depan bola dunia ini mah gretong alias gratis, kecuali kalau masuk biayanya mahal cinn. Cara menuju ke sini sudah saya jelaskan di poin 9.

11. Siloso Beach 

Sumber : www.shutterstock.com

         Pantai ini pun berada di Pulau Sentosa. Pantai ini memiliki pasir putih dan ombak yang tenang. Ada monumen huruf yang membentuk kata "Siloso Beach" . Anda bisa berfoto di pantai ini atau bermain bola Volley di lapangan yang sudah disediakan disini. 

12. Merlion Sentosa


Sumber : www.singsaver.com.sg
    
    Selain di Marina Bay, Icon Merlion ini juga terdapat di Sentosa Island. Merlion disini tingginya 37 meter dan terletak di dekat Imbiah Station di Pulau Sentosa. Disini anda bisa naik ke dalamnya dan melihat pemandangan keseluruhan pulau sentosa. Kalau anda hanya foto didepannya, bisa saja gratis. Namun untuk masuk anda harus membayar tiket masuknya.

13. Henderson Wave

Sumber : www.visitsingapore.com

       Ini dia jembatan terkeren dan terunik di Singapore selain jembatan Helix. Cara menuju ke Henderson Waves, dari Harbour Front MRT Station, Anda tinggal keluar melalui Exit C mall tersebut dan menuju ke tempat pemberhentian bus yang ada di luar gedung. Kemudian tinggal pilih untuk naik bus nomer 131 atau 145. Dari Harbour Front bus akan melewati beberapa tempat pemberhentian dan setelah berbelok ke Henderson Road, turun di pemberhentian bus kedua. Anda langsung dapat melihat jembatan berbentuk ombak ini, tinggal menyeberang jalan dan kemudian dilanjutkan dengan menaiki lebih dari seratus anak tangga menuju ke bagian atas taman.

14. Singapore River and Rafless Landing Site
Sumber :https://en.wikipedia.org
      
 Patung unik ini diberikan oleh Thomas Woolner pada tahun 1887 dimana Ia terlihat berdiri di luar Victoria Theatre, sedangkan posisi mock-up terdapat di North Boat Quay, di belakang Gedung Parlemen. Patung yang tampil bersih terbuat dari poli marmer putih ini dikenal dengan sebutan Raffles Landing Site, lokasi ini diduga sebagai tempat pertama kali Raffles mendaratkan kakinya di Singapore pada tanggal 29 Januari 1819.

15. Singapore Botanic Gardens

 Sumber : www.visitsingapore.com


     Kebun raya yang begitu tenang dan sejuk dibalik hiruk piruk kota Singapore. Tiket masuk gratis kecuali anda ingin memasuki kebun anggrek. Anda bisa naik MRT dan turun di Station Botanic Garden. 

16. Bugis Street
Koleksi pribadi 

By Ghoffar Amin

    Tempat belanja termurah dan terfavorite para wisatawan di Singapore. Oleh karena itu, anda musti siap untuk berjubelan kalau mau berbelanja ditempat ini. Anda bisa turun di MRT Bugis Station yang ada di Bugis Juction. Keluarlah dari mall tersebut dan berjalan kearah kiri jalan hingga bertemu lampu merah, Bugis Street ada disebrang jalannya. Anda bisa dapatkan 4 kaos dengan harga 10 SGD. Lumayan murah kann, cuma 25 ribu.

17. Sultan Mosque (Masjid Sultan)

Sumber :roots.com

       Setelah dari Bugis Street, sempatkalah waktu untuk ke masjid sultan bagi yang muslim. Ini adalah masjid tertua di Singapore. Lokasi Masjid Sultan ini di area Kampong Glam yang merupakan kawasan muslim di Singapura. Di sekitar masjid banyak terdapat tempat makan yang menyediakan menu halal. Selain itu juga banyak   toko-toko yang menjual suvenir. Jika mau ke Masjid Sultan menggunakan MRT, turunlah di stasiun MRT Bugis, dan jalan kaki sekitar 500 meter menuju masjid ini. 

18. Kampong Glam dan Arab Street

Sumber : http://edition.cnn.com

          Ini adalah kampung orang orang muslim di Singapore. Lokasinya satu lokasi dengan Masjid Sultan. Disinilah banyak tempat makanan yang murah dan halal.  Disekitar sini juga banyak masakan Indonesia mulai dari masakan padang, minang, sate, bahkan smapai soto soto dari wilayah Jawa. Banyak juga orang Indonesia disekitar masjid dan kampung glam ini.

19. Haji Lane
Sumber : www.visitsingapore.com

         Masih berada di Kampong Glam,Haji Lane merupakan salah satu tempat yang harus dikunjungi ketika kalian berada di Singapura. Haji Lane ini masih termasuk dalam wilayah Kampung Arab-nya Singapura. Jadi, mengunjungi tempat ini bisa kalian satukan dengan perjalanan ke Arab Street dan sekitarnya. Bagi kalian yang tidak ingin belanja atau makan-makan, tempat ini masih merupakan destinasi yang wajib dikunjungi lho karena memang lokasinya fotogenik banget. Kalian bisa berfoto di lorong gangnya yang memanjang dan menawarkan nuansa unik.Suasana serba vintage membuat gang kecil ini begitu Instagrammable.

20. Chinatown
Sumber : www.visitsingapore.com

       Turunlah di MRT Chinatown. Banyak toko toko souvernir dan makanan di sekitar area ini. Selain itu banyak hostel juga yang bisa menjadi tempat anda stay di Singapore.Trotoar beratap yang padat, gang suram, dan pedagang kaki lima yang berisik adalah peninggalan dari masa lalu Chinatown. Bagaimanapun sejarah tetap tinggal di Chinatown di Singapura bersama dengan pemandangan yang lebih modern. Setelah saya amati beberapa Chinatown, memang semuanya seperti itu yaaa...hehe.

21. Little India

 Koleksi Pribadi
Koleksi Pribadi

             Ini adalah salah satu hobbi saya kalau pergi ke Kuala Lumpur atau Singapore selalu stay di lingkungan orang India.Hehe, habis gak pernah kelaparan. Kalau kasih menu makan pasti porsinya besar walau saya minta yang small (kayanya memang ukurannya segitu).Tempat ini memang unik dengan budaya mereka yang khas. Sepanjang jalan anda akan terbiasa mencium berbagai rempah rempah masakan disepanjang restouran atau rumah makan disepanjang jalan dan juga bau dupa yang menyengat. Lokasi ini ada disepanjang Serangoon road. Banyak hostel juga sekitar sini yang bisa anda tempati. MRT yang terdekat dan termudah melalui Farrer Park.
2
      22. Mustafa Center 

     Sumber : http://www.singapore-guide.com

              Ini adalah salah satu tempat belanja murah di Singapore. Silahkan naik MRT dan turun di Farrer park station. Kemudian silahkan keluar dari pintu exit L dan naik eskalator. Setelah itu silahkan menyeberang jalan dan anda akan melihat gedung Mustafa Centre Singapura. Silahkan anda belanja. Kalau cuma mau eksis foto saja ya silahkan, tidak ada pungutan biaya. wkwk...
  
2    23. Sri Mariamman Temple


Sumber : www.visitsingapore.com


             Mungkin anda akan selalu menemukan temple ini disetiap kampung India baik itu di Medan Indonesia, di Kula Lumpur, di India, di Singapore, dan entah dimana lagi yang ada orang Indianya. Kuil ini katanya adalah kuil hindu tertua di Singapore. Bangunannya sih hampir semua kuil Mariamman sama. Turunlah di station Chinatown dan Exit A. Buddha Relic tooth temple, Mesjid Jamae Chulia dan Sri Mariamman Temple berada di area yang sama, bahkan berada di sepanjang jalan yang sama yaitu South Bridge Road. Ini menunjukan bahwa Singapura menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama dan keberagaman budaya.

      24. Buddha Relic Tooth Temple

Sumber : http://www.singapore-guide.com

              Tempat ini tak jauh dari Sri Marriamman Temple. Relik Gigi Buddha (Buddha Tooth Relic) ini tersimpan dalam sebuah stupa raksasa seberat 3,5 ton dan terbuat dari 320 kg emas, yang mana 234 kilogramnya disumbangkan oleh umat Buddha. Anda hanya dapat melihatnya dari area publik, karena hanya biksu yang diizinkan memasuki ruang relik.

      25. Sentosa BoardWalk

 Koleksi pribadi
 Koleksi pribadi

             Seharusnya ini saya jadikan satu dengan Sentosa Island. Tapi ternyata Sentosa Boardwalk juga memiliki sensai viewnya tersendiri dibanding naik monorail atau bus. Di sepanjang Boardwalk anda akan disuguhi pemandangan Singapore yang begitu unik dan indah.

     26. Haw Par Villa

Sumber : www.visitsingapore.com

              Anda bisa berhenti di MRT Haw Par Villa. Banyak pelajaran pelajaran yang bisa kita ambil dari diorama diorama yang ada di Haw Par Villa ini. Tempat ini mungkin akan sedikit menyeramkan bagi anda yang tidak suka cerita mistis. Tapi bagi anda yang merasa tertantang, anda bisa datang dan melihat berbagai diorama yang begitu menyeramkan tersebut, walau ada makna yang bisa kita ambil dari cerita diorama kehidupan China dan Eropa. 

     27. Holland Village 
Sumber : https://www.greyloft.com

           Dekat dengan statiun MRT Buona Vista dan Statiun MRT Holland Village di daerah Queenstown Singapore. Memang makanan disini terbilang mahal mahal, namun melihat suasana khas Belanda disini mungkin bisa sangat menyenangkan.

     28. Nature Walk - Dragon Trail

http://www.itravelnet.com

         Anda bisa menikmati suasana hutan (walaupun bukan hutan alami) yang dipenuhi oleh pohon rindang serta masih dihuni oleh beberapa hewan liar seperti kera berekor panjang, tupai,kadal dan juga koloni burung kakak tua putih serta berbagai macam burung lainnya. Tempat ini buka 24 jam gratis dan berada di Pulau Sentosa.

    29. East Coast Park

Sumber : https://sg.funzing.com

Sumber : https://www.justrunlah.com

            Salah satu tempat di Timur Singapore untuk sekedar berpiknik dan menghabiskan waktu luang. Anda bisa menikmati pantai dan taman disini dengan gratis. Turun di MRT Bedok (EW5) -> Naik Bus #401 -> Turun di East Coast Park.

    30. Singapore Civil Defence Heritage Gallery
       
Sumber : https://www.scdf.gov.sg

            Museum gratis di Singapore Civil Defence Heritage Gallery adalah salah satu museum menarik di Singapura. Kita akan menemukan gedung cantik berusia 104 tahun dengan warna yang didominasi merah dan putih. Arsitektur berdaya eropa kuno. Civil Defence Heritage Galerry ini adalah rumah ditengah stasiun pemadam kebakaran (pemadam kebakaran tertua) dan memamerkan sejarah  dari pertahanan sipil dan pemadaman api di Singapore dari akhir tahun 1800an hingga sekarang. Berada di 62 Hill Street, Central Fire Station, Singapore 179367. Khusus hari senin tutup. Dari stasiun Clarke Quay (NE 5) keluar ‘E’, jalan 300m sepanjang Hill Street.

    31. Armenian Church


Sumber : www.visitsingapore.com

             Masih disepanjang Hill street, berdiri Armenian Church. Gereja Kristen tertua di Singapura yang dibangun pada tahun 1835.  Bangunan Gereja ini sangatlah menawan. Penggemar arsitektur niscaya menghargai gereja yang dirancang dan dianggap sebagai adikarya George D. Coleman, arsitek terpandang dari Irlandia.

    32. St Andrew's Cathedral

Sumber : roots.com

              Ini adalah gereja katedral terbesar di Singapura dan, contoh peninggalan terkenal arsitektur era kolonial. Berada di 11 St Andrew's RoadSingapura 178959. Jika dengan MRT maka turun di statiun City Hall. Dari statiun keluar ke arah Stamford Road, terus ke St. Andrew's Road. 

     33.  Sakya Murni Budhha Gaya Temple 

Sumber : https://travelsingapore.info

               Salah satu tempel Buddha yang paling populer di Singapore. Disini ada patung Buddha tertinggi di Singapore, setinggi 15 kaki. Jika anda menginp di Mori Hostel. Nah, ini tak jauh dari tempat tersebut. Ada di jalan Race Course Rd. MRT paling dekat dengan Farrer Park. 

    34. Leon San See Temple

Sumber : roots.com

         Ini adalah salah satu kuil yang terkenal di SIngapore. Arsitektur kuil bergaya Tiongkok ini sangatlah cantik jika masuk dalam list anda di Singapore. Banyak ornamen ornamen unik yang bisa and alihat disini. 

    35. Animal Bird and Encounters

               Lokasinya di pantai Palawan, Sentosa. Biasanya ada pukul 12 siang sampai pukul 5 sore saja. Disini anda bisa melihat pertunjukan hewan-hewan yang sangat pintar, lincah dan responsif. Diantaranya adalah Monyet, Reptil, Burung seperti Elang dan Burung Kakak Tua. 

    36. Crade Dance

Sumber : http://www.singapore-guide.com

            Masuk gratis di Sentosa Island Waterfront. Anda akan melihat perpaduan antara teknologi audio visual yang inovatif dan pencahayaan serta efek air yang menakjubkan. 

    37. Frountain of Wealth

Sumber : https://en.wikipedia.org

            Suntec City Mall berada di kawasan CBD Singapore, di mall ini terdapat Fountain of Wealth Suntec City Singapore. Melambangkan kejayaan SIngapore. Naik MRT dan turun di Stasiun MRT Promedane. 

    38. Changi Airport Station


Sumber : changiairport.com

Sumber : changiairport.com

               Di Bnadara terkeren se Asia bahkan termasuk di dunia ini, banyak sekali fasilitas gratis yang bisa para pengunjung gunakan. Mulai dari taman taman, bioskop, tur keliling gratis bagi yang transit lama, taman bermain anak anak, sampai kursi pijat gratis untuk pengunjungnya. Wahhh...bagi anda yang hendak pulang, anda bisa sisihkan waktu anda untuk mengelilingi fasilitas di Bandara Changi yaaa, tapi awas ketinggalan pesawat.

       Demikian tentang wisata di Singapore. Jika teman teman sedang di Singapore, teman teman bisa ambil  brosur wisata di tempat tempat umum baik bandara, tempat wisata, atau hotel hotel mungkin bisa menambah informasi tentang wisata wisata di Singapore. 

koleksi pribadi


    Happy Holiday yaaa. . . . .
     Salam Backpacker dari saya :-*



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.