Pulau Pahawang Wisata Lampung Bawah Laut

   
Foto by Raden Yusuf 

 Bagi masyarakat Lampung dan provinsi provinsi sekitarnya mungkin nama Pulau Pahawang sudah tidak asing lagi. Pulau yang berada di Provinsi Lampung ini memang sedang naik daun bahkan banyak yang bilang jika pulau ini surga tersembunyi di Lampung berjejeran dengan Teluk Kiluan dan Gigi Hiu yang masih tak kalah terkenalnya. Bahkan belakang ini banyak sekali agen agen travel baik yang berlisensi bahkan mahasiswa mahasiswa yang membuka open trip ke Pulau Pahawang. Bagi anda yang menyukai snorkling, Pulau Pahawang bisa menjadi tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu liburanmu di provinsi yang banyak memiliki wisata bahari.

Tapi bagi anda yang tidak suka snorkling, anda masih bisa menikmati suasana alam yang ada di pulau ini. Menikmati suasana asri pantai yang segar dan masih terjaga, sunrise dan sunset di pulau Pahawang besar, Pulau pahawang kecil, atau bisa kok ke pulau Kelagian. Bisa juga melihat flora dan fauna di hutan mangrove pulau Pahawang.

Pulau Pahawang ada Pulau Pahawang kecil dan besar. Kalau yang besar dihuni oleh penduduk bahkan terdapat fasilitas umum seperti puskesmas dan sekolah itu Pahawang besar. Kalau pahawang kecil yang luasnya hanya sekitar 13 hektar, rumornya dimiliki oleh warga negara asing sehingga sangat privat. Akan tetapi ada cottage yang disewakan disana juga.



                                                                          foto by kelilinglampung.com


 foto by ngetripyuk.id


Jika ada ingin ketempat ini, anda harus menuju ke dermaga ketapang untuk meyebrang ke pulau pahawang. Lokasi dermaga ketapang ada di Pesawaran Lampung. Jika anda dari luar provinsi baik itu dari Sumatera ataupun Jawa melalui jalur darat, rute yang bisa anda lalui yaitu:

Dari pulau jawa melalui darat :
- Merak (Pulau Jawa, Banten) - Bakauheni (Lampung) menggunakan ferry Rp 15.000. Tapi jika anda dari Jakarta dan memilih menggunakan damri maka harga sekitar Rp 160.000. 
- Jika dari Bakauheni nanti naiklah bus dengan tujuan terminal rajabasa hanya Rp 33.000
- Setelahnya carilah angkutan kota (angkot) menuju ke tanjung karang warna angkot abu abu tariff Rp 5.000
- Carilah angkutan kota (angkot) menuju Teluk Betung (turun di gudang garam) dengan warna angkot maroon atau ungu, tariff Rp 5.000
- > Kalau tidak mau repot anda bisa pesan Grab atau Gojek dari Terminal Raja Basa
- Dari gudang garam naik pick up ke dermaga ketapang (tempat penyebrangan ke pulau pahawang) tariff sekitar Rp 10.000 - Rp 15.000 per orangnya.
- Untuk penyebrangan ke pahawang sekitar Rp 450.000-500.000 / kapal recommended untuk ajak beberapa teman. 1 kapal cukup untuk 10 orang.

Dari Palembang melalui darat :
-Baik menggunakan travel ataupun kereta api dari palembang dan wilayah di Sumatera lainnya, anda bisa berhenti di Tanjung Karang dan mencari angkutan kota ke Teluk Betung (warna angkot maroon atau ungu) dengan tariff Rp 5.000. Jika tidak mau repot bisa pesan Gojek atau Grab dari tempat ini dan berhenti di gudang garam.
- Dari gudang garam naik pick up ke dermaga ketapang (tempat penyebrangan ke pulau pahawang) tariff sekitar Rp 10.000 - Rp 15.000 per orangnya.
- Untuk penyebrangan ke pahawang sekitar Rp 450.000-500.000 / kapal recommended untuk ajak beberapa teman. 1 kapal cukup untuk 10 orang.

Dari Bandara Raden Intan II bagi yang melalui jalur udara :
Sesampainya di Bandar Lampung nanti, ada beberapa alternatif untuk ke kota Bandar Lampung. Soalnya bandaranya lumayan agak jauh dari pusat kota. Jadi kudu naik taksi, bus, ataupun angkot. Kalau naik angkot mungkin cuma habis 10rb saja dengan dua kali ganti (stop di natar dan dilanjut dari natar ke bandar lampung). Nah kalau naik bus juga sama sekitar 10-15rb saja tergantung kendektornya bersahabat atau tidak, kalau bersahabat dikasih 10rb  ya mau aja. Kalau taxi ini lumayan mahal teman teman, cuma efisien waktu. Dari bandara Raden Inten ke Rajabasa Bandar Lampung sekitar 90rb, kalau ke tanjung karang sekitar 115rb. Nah kalau kemalaman dan enggak pakai taxi bandara, kamu juga bisa lanjut dengan naik grabcar/Gocar sekitar 65rb (lebih murah dikit dari taxi).
- Selanjutnya arilah angkutan kota (angkot) menuju Teluk Betung (turun di gudang garam) dengan warna angkot maroon atau ungu, tariff Rp 5.000
- > Kalau tidak mau repot anda bisa pesan Grab atau Gojek dari Terminal Raja Basa
- Dari gudang garam naik pick up ke dermaga ketapang (tempat penyebrangan ke pulau pahawang) tariff sekitar Rp 10.000 - Rp 15.000 per orangnya.
- Untuk penyebrangan ke pahawang sekitar Rp 450.000-500.000 / kapal recommended untuk ajak beberapa teman. 1 kapal cukup untuk 10 orang.

Bagi yang melalui jalur darat dengan kendaraan pribadi :
- Jika dari Jakarta, setibanya di pelabuhan Bakauheni menuju ke Bandar Lampung, bisa ditempuh sekitar 2-3 jam tergantung kemacetan jalan. Jangan khawatir Google map bisa digunakan disini ataupun dengan petunjuk jalan yang sudah terpampang jelas di sepanjang jalan. 
- Jika dari Palembang, ikutilah petunjuk jalan yang ke arah Bandar Lampung
-Selanjutnya jika sudah sampai ke Bandar Lampung, ikutilah petunjuk jalan yang kearah Teluk Betung Bandar Lampung
-Jika sudah sampai Teluk Betung Bandar Lampung, ikutilah petunjuk jalan yang kearah Lempasing Padang Cermin
-  Nanti anda akan menemukan pertigaan ambil yang ke kiri kearah teluk ratai
- Setelahnya anda akan sampai di dermaga ketapang sebelum pantai klara
- Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal prahu dengan waku penyebrangan kurang lebih setengah jam


petunjuk jalan

Dermaga Ketapang


Untuk fasilitas anda bisa menyewa alat snorkling dengan harga Rp 35.0000 - Rp 40.000 per orang. Sedangkan penginapan di Pulau Pahawang bisa anda dapatkan dengan harga sekitar Rp 500.000 dan bisa diisi sampai delapan orang. 

Untuk Informasi segala fasilitas mulai dari kapal dan tour guide ke beberpa titik pulau, anda bisa menghubungi Pak Yanto 082281505854 silahkan kalau ingin nego nego dengan beliau.

Kalau untuk fasilitas snorkling, cottage/penginapan anda bisa menghubungi Pak Bahri 081318916722 seilahkan kalau ingin nego nego dengan beliau. Beliau juga menyediakan paket trip pahawang/ 1 hari untuk teman teman maupun keluarga yang ingin berlibur. Mulai dari mengurusan kapal, tiket wisata, alat snorkling, makan prasmanan, camera underwater dengan destinasi pulau kelagian lunik/kecil, pahawang besar, pahawang kecil (pasir timbul), taman nemu, batu candi/menara paris, cukuh bedil dan sekitarnya.






SELAMAT BERLIBUR DI LAMPUNG . . .

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.