Malang Jogja Naik Kereta

Transportasi dari Malang ke Jogja atau dari Jogja ke Malang, biasanya selain travel, bus, dan pesawat, kereta menjadi pilihan terfavorite masyarakat ataupun para backpacker yang ingin menuju ke jogja atau sebaliknya. Selain lebih murah dan nyaman, kereta juga tidak perlu memakan banyak waktu dan jarak tempuh hampir sama menggunakan transportasi darat lainnya seperti bus dan travel. Lalu kita harus menggunakan kereta apa ke jogja - malang/ malang - jogja dan berapa lama waktu tempuhnya?

Yukkk... saya jelaskan menurut dengan pengalaman yang saya dapatkan.
Jad guys, blog ini benar benar bersumber dari pengalaman saya sendiri yaaa... jikalau mungkin teman ada pengalaman dan informasi lainnya yang tidak saya jelaskan ataupun ada yang keliru, bisa komen di bawah.

Setelah puas menjelajah gunung bromo dan juga stay untuk istirahat di Malang, saya melanjutkan perjalanan saya seorang diri ke Yogyakarta. Sebenarnya jarak tempuh Surabaya - Jogja itu lebih dekat dibandingkan Malang - Jogja, karena beda rute utara dan selatan. Tapi karena pengen keliling di Malang dulu, jadinya akhirnya saya memutuskan untuk berangkat dari Malang.

Yang saya tahu, ada beberapa kereta yang melayani rute Malang - Jogja atau sebaliknya yaa, diantaranya :

Malang - Jogja

- Malioboro Ekspress --> Pagi ( 08:20 - 15:35 ) malam (20:10 - 03.35)
- Gajayana (13:30 - 20:22)
- Bima (14:25 - 21.46)
- Malabar (16:00 - 23:23)
- Mutiara Selatan (16:30 - 00.00)

Jogja - Malang

- Malabar (00:05 - 07:05)
- Bima (00:52 - 08:15)
- Mutiara Selatan (01:38 - 09:38)
- Gajayana (02:00 - 09:06)
- Malioboro Ekspress --> Pagi (07:45 - 15:43) Malam (20:45 - 03:49)

Jadi bisa dilihat jarak tempuh yang diperlukan sekitar 7 jam jikalau banyak persilangan, biasanya keterlambatan kereta bisa sampai setengah ataupun satu jam. Tapi jikalau seperti saat saya naik kereta Malioboro ekspress malam tujuan Jogja yang melalui jalur selatan dan pada saat itu ada tragedi kecelakaan kereta Sancaka dari Jogja tujuan Surabaya nabrak truk pada pukul 19:20 di Ngawi. Dan pada saat itu seharusnya saya sudah sampai Jogja pada waktu yang ditargetkan, saya masih berada di Gubeng (Surabaya) karena KA harus balik lagi dan melalui jalur utara dengan keterlambatan mencapai hampir 15 jam, nah...berapa jam saya di kereta? 22 jam, broo....mantap kan! hehe....Puas rasanya hati jalan jalan di Jawa. Sorry, kalau saya jadi curhat.

Kalau ada teman yang dari Malang mau ke Jogja di malam hari supaya sampai di Jogja pagi hari, bisa naik Malioboro Ekspress, Jadi bagi backpacker bisa hemat tempat penginapan yakk...hehe, gw banget. Bagi yang suka molor malem macam saya, saya rekomendasikan naik yang eksekutif aja, biasnya ada promo di traveloka temans. Penampakkan kelas eksekutifnya seperti ini :

(Sorry pict nya nyolong dari grup sebelah, habis saya masuk waktu itu udah pada penuh. Gak enak mau ambil foto. hehe...ngeless)

Nah, bagi kalian yang pertama naik kereta, jangan bingung. Pergi aja ke Stasiun Kereta Malang yang deket sama Jodipan itu nah. Habis itu ambil tiket booking kalian kalau udah ada barcode nya tinggal tukarkan menjadi tiket kereta kalian di komputer yang cetak tiket tepat di pintu masuk keberangkatan kereta. Saran saya sih, mending booking dari jauh hari yaaa...soalnya takutnya kalau beli mendadak penuh.

Oke temans, mungkin itu saja yang bisa saya bagikan. Selamat berakhir pekan ataupun berliburan. Hati hati di jalan dan salam backpacker!!