Air Terjung Lampung : Ke Ciupang Pesawaran Aja Yukk...


Buat teman teman pecinta petualang, jalan jalan, backpacking, travelling, atau apapun itu sebutannya...atau mungkin juga suntuk di tempat kerja atau di kampus selepas ujian atau mengerjakan bertumpuk tumpuk tugas dan ingin pergi jalan jalan berbau alam di sekitar Lampung....nah, sebelumnya mungkin Lampung terkenal dengan pantai dan pulaunya yang wonderful seperti pahawang, teluk kiluan, gigi hiu, sari ringgung, yang pasti dipenuhi orang baik lokal maupun dari luar provinsi Lampung saat memilih lampung menjadi destinasinya. Tapi ternyata, Lampung juga memiliki banyak sekali wisata alam berupa air terjunnya yang begitu cantik cantik. Nah, tempat wisata alam satu ini sebenarnya masih begitu sangat asri dan alami, namanya Air Terjun Niagara Ciupang... 

Lokasi ini masih berada di Pesawaran tepatnya di desa Sumber Jaya Pesawaran.  Berjarak sekitar 52 km dari pusat kota Bandar Lampung yang biasa ditempuh sekitar 2 jam perjalanan. Sebenarnya saat saat pergi ke Gigi Hiu beberapa waktu lalu yang memilih untuk melewati rute Padang Cermin ke Gigi Hiu bukan yang rute Punduh Pidada Gigi Hiu (yang melewati Teluk Kiluan), saya sempat melewati jalan menuju air terjun ini. Jadi untuk rutenya bisa saya jelaskan seperti ini :

- Dari arah bandar Lampung ikuti plang jalan yang bertuliskan lempasing/Padang Cermin hingga melewati teluk betung bandar lampung turun menuju ke pinggiran pantai melewati berbagai macam pintu masuk pantai (ada queen arta, mutun, sari ringgung, dermaga pahawang, pantai kelara, pantai batu mandi, dll), nah setelah mutun dan sebelum sari ringgung nanti disini teman teman akan ketemu pasar Hanura yaa, di sana ada pertigaan. teman teman ambil yang ke kiri.

- Dari pantai pantai itu terus ikuti jalan sampai lewati markas marinir dan terus hingga menemukan pertigaan jalan yang ada plang ke kiri ke punduh pidada dan ke kanan ke kedondong / padang cermin. Nah kalau sudah sampai sini, perkiraan waktu dari bandar lampung sampai tempat tersebut sekitar stau jam lah dengan kecepatan sedang yaaa...

- Dari pertigaan itu ambillah arah kanan yang menuju ke padang cermin, nahhh...di sini rutenya mulai agak panjang dan sampai menemukan pasar kluwih . Pasarnya sebelah kanannya ada stand stand kayu kayu dan kiri toko toko. Nah, di pasar ini akan ada pertigaan. Teman teman ambil yang ke arah kiri menuju ke Kelumbayan (iyaa...jalan ini kalau diteruskan bisa sampai ke Gigi Hiu dan Kiluan Kelumbayan Tanggamus). Sedangkan kalau lurus teman teman akan menuju ke kedondong. 

- Setelah berbelok di pertigaan yang kearah kelumbayan, teman teman akan ketemu jalan yang lumayan rusakk, seriuss...ampun dahh rusaknya. Cuma sedikit bersabar yaaa gak lama lama kok rusaknya... Setelah itu terus berjalan sampai ke desa sumberjaya, nah di sini mata kudu awas yaaa...kudu liat plang bertuliskan SMP 1 Atap sebelah kanan jalan, pada plang itu ada jalan aspal bagus yang masuk ke dalem ke desa sumberjaya. Nah, ikutilah jalan itu

- Setelah mengikuti jalan itu, nanti bakalan ketemu pertigaan lagi yang ada warungnya. banyak orang yang tanya di situ biasanya...Tapi teman teman ambil yang kearah kiri yaaa...Terus aja ikutin jalan aspal itu ke arah kiri hingga ketemu kebon kebon kopi penduduk setempat. Hati hati karena jalan aspal naik turun dan berliku liku serta kecil.

- Setelah jalan mengikuti aspal tersebut, teman teman akan sampai di sebuah pertigaan lagi. Pertigaan ini ada gardunya. Di pertigaan gardu ini, teman teman ambil yang jalan ebrbatu yang kearah kanan. Jalannya cukup sempit di sini. Terus saja mengikuti jalan jalan berbatu itu hingga bertemu dengan plang bertuliskan Air terjun Ciupang. nah, setelah sampai di sana, nanti cari rumah warga untuk menitipkan kendaraan teman teman.

- Dari rumah warga, teman teman tinggal berjalan sekitar 500 meter ke lokasi air terjunnya. Warga sekitar sangat ramah ramah kok dengan pengunjung dan wisatawannya. Rata rata suku di sana adalah suku Jawa. Info, suhu udara di lokasi ini juga termasuk dingin karena di atas bukit.

 Saran saya jika teman teman mau ke sini, hati hati karena lokasi air terjunnya lumayan licin dan batu batu besar besar. Area Air terjunnya juga menurut saya tidak terlalu luas, hanya air terjunnya begitu deras. So, tempatnya juga masih begitu asri dan rimbun sekali. Ada dua air terjun di sini, air terjun bawah dan air terjun atas. Dari air terjun bawahnya teman teman harus naik tangga batu yang sepertinya sengaja dibuat oleh masyarakat setempat dan ada tali yang tergantung di sana untuk membatu wisatawan naik. Oh ya, untuk menjaga kebersihan bagi teman teman yang membawa makanan atau minuman, tolong jangan buang smapah sembarangan karena di sana sudah disediakan tong sampah drum oleh masyarakat setempat. So, overall cukup asik dan menyenangkan berada di tempat alami dan asri dengar gemuruh air terjun dan gemericik air di sela sela bebatuan. 





Oke mungkin itu saja informasi dari saya, semoga berguna bagi teman teman yang hendak menghabiskan waktunya dengan alam ciupang ini....Atau mungkin setidaknya bisa menghibur waktu penat anda membaca artikel saya ini. Seperti biasa, terimakasih dan 
Salam Backpacker!!!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.