Resep Bolu Sarang Semut Takaran Gelas, Bolu Karamel & Tips Anti Gagal


Bahan yang perlu disiapkan :
1. Gula pasir 2 gelas belimbing
2. Telur 5 butir
3. Mentega 100 gram
4. Vanili 1 bungkus
5. Susu coklat 1 saset (tambahan aja) 
6. Soda kue 1 sdt (saya kalau beli selalu bilang soda babon, biasanya soda yang paling murah dipasarkan) 
Tips kalau mau kenyal sekali:
7. Terigu 1 gelas luber
8. Tapioka 1 gelas luber
Tips kalau mau kekenyalan sedang:
7. Terigu 1 gelas setengah
8. Tapioka setengah gelas
Note: gelasnya yang gelas belimbing normal, jangan yang gelas ramping kecil. Biasanya ada yang gelas belimbing bentuknya lebih ramping/kecil. 

Cara pembuatan:
1. Sangrai gula hingga cair semua (disangrai loh ya, bukan direbus dengan menambahkan air), setelah mencair kemudian tuang dua+setengah gelas belimbing air dan biarkan gumpalan karamel gulanya mencair semua dan agak susut dikit, kemudian didiamkan hingga dingin. Tips: jangan sangrai gula terlalu tua atau terlalu coklat atau terlalu lama hingga cairannya mendidih lama karena walaupun bisa bersarang bagus tapi hasilnya akan pahit, jangan terlalu muda atau baru mencair langsung siram air, karena hasilnya nanti tidak bersarang bagus.
2. Cairkan mentega dan sisihkan biarkan dingin. 
3. Siapkan wadah besar, pecahkan dan masukan lima telur, masukan vanili, susu, soda, dan air sangraian gula tadi yang sudah dingin, tepung terigu dan tepung tapioka (jika ada gumpalan, saring dengan ayakan atau saringan). Ingat dimasukin saja semua aduk rata, jangan di Mixer yaa, kalau pakai alat mixer adonan akan mengembang seperti bolu biasa dan tidak akan bersarang. Tips: ternyata mendiamkan adonan beberapa saat agak lama bisa membuat adonan mengembang sendiri dan bersarang lebih bagus. 
4. Siapkan cetakannya dulu, kalau tidak pakai plastik kue bawahnya, sebaiknya olesi loyang dengan mentega merata kemudian taburi dengan terigu merata, agar bolu tidak lengket dan pecah di loyang saat matang yaaa. Panaskan dulu pasir di cetakanmu atau ovenmu yaa. 
5. Setelah siap semua, masukan mentega air itu ke adonan yang kita campur semua tadi. 
6. Siap di panggang, untuk memastikan kue kalian udah matang sempurna, bisa ditusuk dengan lidi atau tusukan sate (yg bersih loh yaa, hehe) kalau adonan sudah tidak ada yang menempel di tusuk nya dan atas adonannya sudah mulai berlubang membentuk padat, berarti sudah matang yaa, siap diangkat dan dinikmati bersama. Boleh juga untuk dijual sebagai bisnis kalian.
Gimana, simpel dan mudah bukan? Ayoo dicoba yaa

Sekian dan terimakasih banyak 🙏


Video caranya bisa dilihat disini


Tag: resep karamel, resep bolu karamel, olahan terigu aci, olahan tapioka, olahan terigu, resep bolu sarang semut, resep sarang semut, resep bolu, resep bolu simpel, resep bolu praktis, resep kamarel praktis, resep sarang semut praktis

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.