Mengenal Makanan Khas Lampung

Hai teman teman, banyak sekali ya kuliner di Indonesia ini. Bahkan setiap provinsi pun memiliki makanan khas daerahnya masing masing yang tentunya lezat dan unik unik. Ngomongin makanan daerah nih, Nova mau kasih info kuliner khas dari Provinsi Lampung. Kira kira apa saja ya? Atau mungkin salah satunya udah pernah kalian coba nih. Yukk baca terus sampai habis yaa...

1. Seruit
kabarsiger.com
cookpad.com (nia asyari)
Makanan ini berbahan ikan dan juga sambal terasi, hanya saja sambal ditambahkan dengan tempoyak (durian yang difermentasi), mangga yang dijadikan satu. Kemudian dilengkapi dengan lalapan bisa berupa daun singkong rebus, terung rebus, timun, jengkol, daun pepaya atau kemangi. 
Dalam tradisi Lampung Pepadun seruit dinikmati bersama sama dengan kerabat, sanak famili, atau teman yang berkunjung silaturahmi. Biasanya mereka akan duduk bersama dan cuak mengan atau makan bersama. 
Meskipun menyandang gelar makanan khas Lampung yang paling terkenal, makanan ini sulit untuk kalian temui di rumah makan atau restoran yang ada di Lampung. Walau membuatnya tidak begitu sulit hanya memerlukan bahan yang disebutkan di atas. Beberapa daerah di Lampung juga terkenal penghasil durian, walau memang ada musimnya, tetapi durian lokal tetep diproduksi. Sehingga membuat tempoyakpun cukup mudah.

2. Tempoyak
lifestyle.okezone.com
Setelah membaca yang nomor 1, kalian sudah ada gambaran dengan tempoyak? Tempoyak sebenarnya tidak hanya makanan khas Lampung. Tempoyak ini adalah makanan khas etnis Melayu. Jadi memang Tempoyak ini terkenal di etnis Melayu di pulau Sumatera seperti di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, hingga ke Malaysia guys. Tempoyak berupa durian yang difermentasi yang biasanya dicampur dengan sambal untuk makan bersama nasi atau cocolan ikan guys. Gimana? Tertarik mencoba?

3. Geguduh atau Gegodoh
Ini juga disebut makanan khas Lampung walau sebenernya makanan ini juga menjadi makanan khas di Kalimantan Selatan dan Timur. Kue ini berbahan dasar tepung terigu, gula, garam dan air. Bedanya kalau di Lampung yang terkenal dengan penghasil pisangnya, bahan utamanya adalah pisang yang dipeyet dan haluskan dan terigu yang dicampur dengan gula, garam, dan air kemudian digoreng. Rasanya? Enak sekali... Nova juga suka membuat makanan satu ini di rumah dengan tambahan bahan utama parutan kelapa yg belum tua (kemelas atau kelapa muda untuk buat pelas), uhh gurihnyaa. Mau coba? Coba saja pasti ketagihan. Apalagi untuk teman minum teh sore hari. Sayangnya makanan ini pun tidak dengan mudah kalian jumpai di jajanan pasar atau jalanan di Lampung guys

4. Sekubal
Foto: Instagram/ @alenejes & @kuliner_lampung

Sekilas makanan ini mirip sekali dengan lontong. Makanan ini pun diburu saat Ramadhan dan Idul Fitri. Nova pernah lihat di pusat kota beberapa gerobak jalanan menjual sekubal, lemang dan tape ketan. Berbeda dengan lontong, walau sama sama dibungkus dengan daun pisang dan ditali di luarnya, makanan ini berbahan beras ketan yang dikukus dengan santan dan dibungkus dengan daun pisang. Prosesnya yang sangat ribet dan lama hingga berkali kali mengukus itulah yang membuat cita rasa sekubal ini benar benar gurih dan nikmat. Makanan satu ini benar benar khas Lampung baik adat Sai Batin maupun Pepadun yang sudah ada turun temurun berabad abad lamanya. Makannya biasanya bersama dengan kudapan seperti gulai, rendang, sambal sebagai makan utama. Jika sebagai makanan pembuka, biasanya disuguhkan bersama tape ketan yang manis. Jadi cocok untuk varian rasa manis atau gurih.

5. Lemang
riautribun.com
travel.tribunnews.com


Sama seperti tempoyak tadi. Lemang ini adalah makanan khas Sumatera walau bisa dibilang khas Melayu yaa karena Melayu di Malaysia dan Kalimantan juga mengenal makanan ini. Penyebutannya ada yang lemang, lomang, maupun lamang. Makanan ini hampir mirip dengan sekubal yang berbahan beras ketan dan santan, hanya saja kalau ketan dan santan di sekubal dikukus. Kalau lemang memasaknya menggunakan bambu lalu dibakar yang sebelumnya dalam bambunya dilapisi dengan daun pisang muda. Nah, rasanya? Gurih sekali guys. Cara menikmatinya juga sama seperti sekubal. Kalau di gerobak jalanan biasanya mereka menyediakan lemang ini dengan tape ketan. Cocok sekali lohh... 

6. Engkak
Instagram@dapurnyavina
Nomor enam ini juga sefamous seruit guys. Sangat populer dikalangan kuliner atau para hobbi cooking nih. Nova juga suka banget sama kue satu ini, tiba tiba jadi pingin membuat kue ini. Uhh, okelah sekarang aku jelaskan dulu. Engkak adalah kue khas Lampung yang memang populer di Palembang Sumatera Selatan juga. Sekilas kue ini mirip lapis guys, ya memang lapis Lampung sih. Kue ini lebih basah dan manis dibanding lapis legit. Bahannya berupa tepung ketan, telur, dan mentega guys. Telurnya cukup banyak untuk membuat kue ini jika dibandingkan dengan buat bolu biasa. Membuatnya juga harus sabar karena berlapis lapisnya seperti lapis legit. Kebayang gak rasanya? Kamu bisa nemukan kue ini di toko toko oleh oleh Lampung untuk oleh oleh pulangmu.

7Keripik Pisang Lampung
Dapur Didowardah (facebook) 
Kali ini cemilan paling banyak di jual dimana mana. Bahkan di semua toko oleh oleh di Lampung, tidak mungkin kalau tidak jual keripik pisang. Lampung terkenal dengan penghasil pisang, sehingga ada sentral industri pisang juga guys. Keripik pisangnya pun rasanya macem macem, ada balado, coklat, jagung, susu, duren, melon, dan masih banyak lagi. Silahkan pilih sesuai selera kalian sebagai cemilan atau oleh oleh dari Lampung.

8. Gulai Taboh
food.detik.com
Makanan ini juga merupakan makanan khas Lampung guys. Makanan ini berbahan hampir sama dengan sayur lodeh yang mendapatkan gurih dari santan kelapa hanya saja kadang menemukan ada campuran sirih atau terasi di dalamnya. Bahan lainnya seperti ikan yang biasanya ikan gabus atau nila. Kemudian kadang ada udang, ubi, jagung, kacang panjang, daun kemangi,  cabai merah, daun salam, serai, lengkuas, garam. Wahh, kebayang gurih dan nikmatnya ya?

9. Pindang

Makanan khas Sumatera termasuk khas Lampung lainnya yaitu Pindang. Pindang di Lampung terasa gurih, manis, asam, menjadi satu di lidah. Aroma tambahan dari nanas atau daun kemangi di kuah maupun terasi benar benar terasa nikmat. Jika ke Sumatera salah satunya ke Lampung, kalian wajib merasakan makan pindang di Lampung yaa..

10. Gabing/Kabing
wawainews.id
Kudapan satu ini juga berasal dari Lampung. Gabing diolah dari ujung batang kelapa yang masih muda. Biasanya memang teksturnya seperti rebung atau bambu. Cara pengolahannya direbus dulu sampai empuk kemudian dipotong potong untuk dimasak bersama santan dan campuran bahan lainnya jika suka. Setelah matang cocok untuk ditaburi bawang goreng dan makan bersama nasi atau lontong dan sambal. Sayangnya makanan ini akan sulit ditemukan jika berkunjung ke Lampung. Pasalnya untuk mendapatkan ujung kelapa yang muda harus menebang pohon kelapa dulu. Jadi biasanya makanan ini ada diacara tertentu seperti pernikahan, dan acara acara budaya adat lainnya.

Nahh... Mungkin itu saja yaa guys informasi yang bisa aku bagikan terkait makanan khas Lampung ini. Semoga bisa menambah informasi kalian. Bagi yang berkunjung ke Lampung boleh nih cicipi makanan di atas kalau kalian berjodoh bertemu di jalan atau di toko dan rumah makan yaa. Terimakasih sudah membaca sampai selesai. Kalian bisa baca artikel lainnya juga di sitemap blog ini.


Tag:
Kuliner Indonesia, Indonesia Street Food, Kuliner Lampung, Provinsi Lampung, Makanan Lampung, Jajanan Lampung, Lampung Street Food, Makanan Unik, Visit Lampung, Wisata Lampung, Kue Khas Lampung, Masakan Lampung

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.