Tips Packing Untuk Backpacker Hijaber

Saat backpacking adalah momen dimana wanita terkadang merasa galau dengan penampilannya. Mulai dari milih hijab, baju, celana, sepatu, tas, jam tangan, aksesoris ini itu, pokoknya dari kepala sampai kaki pasti akan banyak pertimbangannya. Pengen bawa inilah, pengen bawa itulah, duh..duh…bisa bisa koper aja gak cukup kalau dibawa semua apalagi kalau pakai ransel. Stress? Bingung? Hai hai ladies hijaber…. sebenernya gak perlu bingung atau ribet kok buat tetap cantik dan nyaman saat backpacking. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat packing, simak saran dariku yuk... siapa tahu cocok untukmu 😉

Pertama, lakukan riset! Bagaimana kondisi cuaca dan suhu destinasi yang ingin dituju. Jangan sampai saat musim hujan atau dingin, kamu malah membawa kaos tanpa jaket dan tidak membawa jas hujan atau sebaliknya.

Kedua, pilih pakaian lengan panjang yang tidak terlalu tebal, menyerap keringat, dan bahan yang tidak mudah kusut alias tidak perlu di seterika. Kenapa? Selain supaya kamu mudah untuk melipat dan tidak membutuhkan banyak tempat di ransel, saat kamu berpergian lama maka kamu bisa mencuci baju dan mengeringkannya dengan mudah (tidak perlu waktu lama menjemur). Pilih bahan yang tidak gampang kusut benar benar sangat menghemat waktu juga budget. Hindari menggunakan pakaian yang berlapis lapis seperti kaos pendek ditambah cardigan atau manset tangan, itu akan sangat merepotkanmu dan memboroskan tempat.  Tapi berbeda halnya jika kamu berpergian ke negara yang musim dingin, so baju tebal, jaket, sarung tangan dan scarf menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, lakukan riset seperti yang di pertama tadi

Ketiga, gunakan hijab timbal balik alias hijab ganda alias dua warna. Jika tidak ya jilbab biasa juga oke. Pilih hijab dengan warna yang serasi dengan baju, lebih baik dengan warna netral agar cocok dipadukan dengan baju baju yang kamu bawa. Membawa hijab timbal balik akan menghemat barang bawaan kamu dan membuat ransel kamu menjadi ringan jadi gak perlu bawa banyak hijab. Hindari penggunaan pashmina berbahan tebal dan yang ribet. Jika pilih pashmina, pilihlah yang berbahan ringan dan mudah digunakan.

Keempat, gunakan vacumm bag atau organizer pouch untuk mengemas dan memasukan gulungan baju dan lipatan baju di dalam ransel. Hal ini dilakukan agar barang barang kamu tidak kusut saat hendak dipakai dan ransel kamu gak akan berantakan saat mencari cari barang, sangat menghabiskan waktu sekali harus membereskan barang seransel lagi, belum kagi resiko nyelip dan susah dicari.



Kelima, bawalah tas kecil kecemu untuk meletakkan beda benda penting. Jadi saat jalan jalan ke lokasi wisata, ransel bisa ditinggal di penginapan dan cukup bawa tas kecil saja.

Keenam, untuk underware ini sangat penting banget. Bawalah sejumlah berapa hari kamu trip. Jangan lupa bawa dan gunakan pentiliner untuk menghemat. Oh ya kalau dirasa memang menghabiskan space dan bingung mau nyucinya nanti di penginapan, secara kalau loundrypun gak bisa dengan dalaman yaa.. Kalian bisa beli underware yang sekali pakai kok. Banyak kok yang jual disposable pantie aku gak bisa menyebutkan semua merek kalian bisa search di google dan milih sendiri, ada untuk pria juga loh. Aku kasih contoh fotonya saja yaa satu dibawah

Ketujuh, bawalah hanger baju. Itu akan sangat bermanfaat jika penginapan kamu tak menyediakan hanger baju. Kalian bisa mencuci underware atau baju kalian kann, selain itu bisa menggantung baju atau hijab yang masih akan kalian pakai lagi biar tidak lecek. Sekarang ada kok hanger baju yang bisa dilipat, jadi gak akan menghabiskan space atau gak muat di ranselmu.

Kedelapan, pakailah dan bawalah celana yang senyaman mungkin untuk kamu bergerak. Kamu bisa menggunakan model chino atau harem sweatpants. Bawalah celana dua atau tiga karena yang satu dipakai, yang satu dijemur dan yang satu cadangan di dalam tas untuk salin berikutnya. Begitu juga dengan baju. Kalau kalian niatnya mau beli baju di tempat wisata, bisa juga bawa baju sedikit saja dari rumah.

Kesembilan, bawalah toiletries, makeup, obat obatan seperlunya. Make up cukup seperlunya saja, skincare, bedak, lipstick , pokoknya dandanan simpel aja oh ya dan jangan lupa deodorant. Bawa sisir yaa…gak mau kan kalau pulang pulang nanti rambut kamu jadi gimbal karena gak pernah sisiran! Hehe… Bawa alat mandi seperti sabun, pasta gigi kecil jangan yang besar karena bisa ditahan waktu di pemeriksaan ransel di bandara, sikat gigi, sampo, kalau ada yang sasetan bawalah yang sasetan jangan botolah supaya habis sekali pakai. Bawa juga sunblock walaupun kamu menggunakan baju panjang, so sunblock tetap akan membantumu saat dibawah terik matahari langsung. Bawa obat obatan pribadi jangan lupa, seperti obat kram atau pegal, magh, pusing, handsaplas, freshcare, dan obat pribadimu kalau kamu punya penyakit bawaan.

Kesepuluh, pilihlah handuk yang micro fiber atau anduk yang bisa cepat kering dan ringan jika memang sekiranya dipenginapanmu tidak ada handuk. Kamu bisa bawa handuk kecil untuk hemat space. Oh yaa, kalau bisa dan punya, bawalah kain bali satu karena bisa dimanfaatkan muntifungsi. Bisa untuk seprai, selimut, sajadah, alas duduk, bahkan hijab emergency. Jika kalian muslim, bawalah mukena. Pilih yang bahannya praktis dan ringan kalau bisa yang bisa digulung menjadi kecil sehingga mudah dibawa kemana mana.

Kesebelas, jangan lupa bawa gadget dan chargernya, tentu mau foto sana foto sini dan selfie selfie dong!

Keduabelas, tidak membawa lebih dari satu pasang sepatu canvas yang lentur dan nyaman digunakan. Pilihlah sepatu yang kira kira cocok untukmu dimanapun.  Pilihan sepatu olahraga atau kets nampak oke, tapi hindari yang bertali. Karena terkadang akan melambat perjalannmu saat tali sepatu lepas atau terinjak kakimu yang lain atau bahkan tak sadar keinjak orang yang anteri di sampingmu. Bisa bahaya kan? Pakailah kaos kaki untuk melindungi kaki dari terik matahari atau resiko lecet saat berjalan jauh. Selain itu, bawalah satu sandal yang akan kamu gunakan saat di penginapan.

Ketigabelas, jangan memakai aksesoris yang mencolok seperti gelang, cincin, kalung, atau perhiasan mahal lainnya yang mencolok dan berlebihan. Cukup gunakanlah jam tangan yang sangat berguna untuk mengingatkan waktumu selama di perjalanan. Semua demi keamanan kita sendiri apalagi kalau mau solo backpacking.

Mungkin itu aja saran dari aku kali ini. Semoga bisa backpacking dengan nyaman, aman, dan menyenangkan yaa... Come back dan baca artikel lainnya. Terimakasih dan salam backpacker! ❤️❤️❤️



Tag:

Bakpacker, Backpacker hijaber, Hijab Backpacker, Tips Jalan jalan, Tips Travelling, Tips Packing, Tips mengemas barang, Tips Packing Travelling, Packing Traveling, Tips Cewek, Tips Packing Cewek

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.