Keliling Indonesia Dengan Teman Hidupku Traveloka!

Pandemi sudah mulai mereda, saatnya untuk ambil ransel lagi dan healing lagi guys... Khususnya yang memang hobbi tour sekaligus membuat konten, cepet cepet deh ikutan vaksin booster biar bisa kemana mana.

Sudah sedari covid merajalela di bumi ini, aku pensiun sejenak dari dunia traveling sekaligus membuat konten tulisan. Hingga akhirnya di juli 2022 inilah aku mulai lagi mengaktifkan blogku dan juga siap melakukan perjalanan lagi. Menuliskan kisah kisah dan juga berbagi informasi yang mungkin bisa berguna untuk para reader. Ayoo #LihatDuniaLagi

Sebelum covid, aku tentu pernah menjadi seorang newbie dalam dunia backpacking atau traveling. Segala informasi hal dalam dunia backpacking mulai dari lokasi wisata, booking penginapan dan kendaraan, semua aku lakukan dengan mencari informasi dan pemesanan secara online. Untungnya selama ini ada Traveloka. Tapi Jujur bukannya berniat promosi atau karena aku ikutan lomba menulis ya. Traveloka memang teman hidup dalam perjalanan solo backpackingku selama ini tepatnya dari tahun 2016. Saat edit dan post tulisan ini pun, aku tengah menggunakan traveloka buat booking hotel guys. Kalau gak percaya, aku kasih tahu deh di bawah. Alasan aku pakai booking hotel dari Traveloka karena dibanding aplikasi lain, harga yg tertera di traveloka udah harga keseluruhan termasuk pajak. Jadi gak kaya yg lain yg keliatan murah nih pas masuk ke pembayaran ehh harganya berubah ketambahan pajak yg mahal, jdi menurut aku yang gak suka ribet, itu lebih simpel. Terus kadang ada diskon juga, hehe itu yang paling diincar... 











Ada beberapa destinasi yang memang sangat ingin aku kunjungi bersama seseorang yang InshaaAllah bisa menjadi imamku di kemudian hari "Aamiin". Kami berkeinginan untuk keliling beberapa kota di Indonesia, menuliskannya di blog ini dan mengabadikannya di dalam vlogku. Semoga saja hubungan kami bisa langgeng 🤣 kalaupun harus terpaksa kandas, traveling juga obat terampuh mengobati patah hati loh. 🤭

1. Malang/Batu dan Sekitarnya

Di tahun 2018 lalu, aku sempat mengunjungi beberapa destinasi yang ada di kota ini dan sekitarnya. Hanya saja dalam waktu satu hari sangat tidaklah cukup puas untukku berkeliling, ada beberapa destinasi yang belum aku kunjungi. Jadi alasanku:

1. Wisata alam di Malang/Batu dan sekitarnya bagus bagus.

2. Kota yang asri dan penduduknya ramah. 

3. Memiliki paket komplit wisata mulai dari alam, sejarah, bahkan modern yang unik termasuk wahana bermain yang keren abis. Usia anak anak hingga dewasa pasti betah berlibur kesini. 

Untuk menuju Malang dan Batu tersedia moda transportasi pesawat, kereta api, dan bus. Tinggal booking tiket pesawat, kereta, bus, dan booking hotel di Traveloka. 

Beberapa destinasi yang ingin aku kunjungi adalah:

1) Gunung Bromo

Jika sebelumnya aku bersama teman teman pelatihan kampus saat mengunjungi lokasi ini, jika ada kesempatan yang mendatang, aku ingin sekali mengunjunginya bersama teman hidupku atau juga ibukku. Pasalnya destinasi ini adalah destinasi yang sangat cantik dan romantis untuk dikunjungi bersama orang yang disayang. Tentu keindahannya akan dua kali lipat lebih indah kan, hehe... 

Oh ya.. kalau mau ke bromo, tiket destinasi sudah tersedia juga loh di traveloka. Tinggal cari di menu Xperience di App Traveloka dan booking tiketnya deh. Untuk yang ingin simpel naik mobil jeep, ada yang untuk single tiket bergabung dengan orang yg lain, tapi ada juga yang per tim nih. Jadi saranku kalau pergi hanya berdua dan ingin menggunakan jeep, lebih baik ikut gabung ke grup tour dengan beli tiketnya di Traveloka untuk menghemat budget. Baca juga review review terdahulu sebelum order. Kalau kalian ingin privacy dengan jeep berdua, mungkin harus bayar tarif borongan. Oh yaa, tersedia juga motor trail jika tidak ingin pakai jeep. Selain itu kalau kalian stay di Malang atau Surabaya, kalian juga bisa sewa kendaraan motor sendiri, tapi kalau mobil biasa tidak bisa sampai naik yaa. Jadi pesan sesuka kita aja. 

Aku pun pernah menuliskan artikel tentang Bromo di blog ini;

Menikmati Wisata Gunung Bromo dan Sekitarnya 

Cara ke Bromo Dengan Transportasi Umum

2) Museum Angkut Batu

Saat terakhir kali di Malang, aku belum sempat untuk mengunjungi kota Batu padahal jaraknya dekat sekali. Hanya museum yang ada di Kota Malang (Napak Tilas Sejarah di Museum Brawijaya Malang) Penasaran rasanya ingin mengunjungi Museum Angkut yang penuh dengan barang barang koleksi antik dan uniknya. Bukan hanya itu lokasi ini sangat instagramable sekali dan bagus untuk fotografi. Untuk tiketnya ada di traveloka app juga loh. 

Sumber:travelokaapp


3) Jatim Park 3

Ini adalah salah satu destinasi yang sangat ingin aku kunjungi. Jatim Park 3 memiliki koleksi Dino park, The Lagend Start Park, Funtech Plaza, Museum Musik Dunia, dan Milenial Glow Garden. Tempat ini terletak di Kota Batu. Selain bisa menikmati Dino Park, kita bisa bertemu tokoh lagend dunia di The Legend Start walau hanya patungnya saja yaa, ya masa orang aslinya. Eit jangan salah! Walau cuma patung lilinnya, sudah dibuat sedemikian rupa mirip dengan manusia aslinya. Bisa juga berfoto di Milenial Glow Garden dan bermain di Funtech Plaza. Buat yang suka foto foto, harus deh mampir kesini. Tiket tiketnya juga bisa temen temen pesan dari Traveloka app di menu Xperience. 


Untuk penginapan, Kota Malang dan sekitarnya termasuk Batu memang memiliki beberapa akomodasi yang nyaman. Salah satu akomodasi yang ingin aku kunjungi tak jauh dari Museum Angkut dan Jatim Park 3. Salah satu yang menarik hatiku adalah Kusuma Argowisata Resort & Hotel. Tempatnya terlihat sangat asri, bersih, dan nyaman. Tampak kolam renang yang menambah oke fasilitas akomodasi ini. Untuk bookingnya bisa booking hotel di Traveloka. Kita juga bisa lihat review hotelnya di aplikasinya langsung. Jadi bisa menyimpulkan kualitas dari tempat tersebut kan. 


2. Bandung

Destinasi selanjutnya adalah Kota Bandung. Berhubung memang suka sejarah, aku ingin sekali mengunjungi beberapa bangunan tua dan juga museum yang ada di Kota Bandung. Walau aku sebenarnya sudah pernah mengunjunginya sendirian karena memang memiliki keluarga di kota tersebut, ternyata si doi sangat ingin mengunjungi Bandung. Selain itu ku juga ingin membawa ibu untuk kembali mengunjungi Bandung mungkin untuk mengenang sedikit kisah romantisnya bersama teman hidupnya yang sudah meninggalkannya duluan, almarhum bapak. Aku sangat antusias untuk mengajaknya berkeliling Bandung. Alasanku memilih Bandung:

1. Bandung memiliki wisata sejarah, belanja, budaya, dan alamnya yang menyenangkan

2. Bandung sebagai salah satu kota wisata di Indonesia yang populer selain Jakarta, Bali, Yogyakarta selain itu sebagai tempat paling berkenang

3. Makanan di Bandung yang wajib dicicipi🤭

Untuk tiket kendaraan ada bus, kereta, dan pesawat terbang. Booking tiket transportasi tentunya bisa di Traveloka.

Beberapa destinasi yang ingin aku kunjungi adalah:

1) Beberapa Museum di Bandung

cagarbudaya.kemendikbud.go.id

Banyak sekali bangunan tua dan museum di Bandung. Ada museum Bandung, Museum Geologi, Museum Sri Baduga, Museum Konferensi Asia Afrika, Museum Pos Indonesia, Gedung Sate, dan lain lainnya. Aku sangat ingin mengunjungi satu demi satu dan melihat koleksian mereka secara langsung, karena selama ini belum menyempatkan diri mengunjunginya. 

2) Lembang

sumber: instagram.co/Warmanwardhani

Selain historis, yang membuat aku nyaman di Bandung adalah alam sekitarnya yang sejuk pegunungan. Asik untuk diexplore and ngecharge energi kembali dengan melihat hijau dan rimbunnya pepohonan bahkan sambil mendengar gemericik air mengalir. Lembang adalah wilayah yang tak jauh dari pusat Kota Bandung. Banyak sekali tempat wisata alam di sini. Mulai dari gunung dan juga curug atau air terjun. Wisata hutan pinus juga sangat asik dan nyaman untuk healing. Dulu bapak sering membawa ibu ke beberapa lokasi disini. Ingin rasanya mengajaknya berkeliling wilayah Lembang lagi.

Untuk akomodasi penginapan di Bandung, aku sangat ingin merasakan stay di Bobocabin Cikole. Akomodasi ini berupa bangunan kayu di tengah hutan atau kabin. Jadi benar benar merasakan stay di tengah hutan. Saat aku cek di traveloka app, ternyata tempat ini juga ada guys. Jadi bisa booking hotel ini di Traveloka juga. Mereka juga ternyata sedia standart cabin dan Delux cabin, so sesuaikan budget kita saja. Selain Bobocabin, aku juga ingin merasakan stay di Villa air Natural Resort yang ada di Parongpong Bandung, Jawa Barat. Lokasinya serba bambu dan kayu serasa di rumah tradisional dinasti China atau Jepang jaman dulu.

B
Bobocabin Cikole : Photo via Ifiaadreena, Ayatkenzo on Indonesia.tripcanvas.co




Kuliner Bandung sangat beragam, termasuk kuliner daerah lainnya di Jawa Barat juga dijual. Mulai dari batagor goreng atau rebusnya, cireng, kupat tahu (bukan tahu kupat loh), mie kocok, mie yamin, tahu sumedang, surabi, masih banyak lagi yang ingin aku cicipi langsung di tempat aslinya. Banyak tempat street food juga yang wajib dikunjungi. Oh ya, saat bahas tentang makanan, aku iseng iseng liat aplikasi Traveloka yang sekarang, ternyata mereka juga punya fitur order makanan guys. Jadi seperti aplikasi tetangga, nanti akan ada daftar atau list restoran terdekat. Setelah itu kita hanya perlu order dan pilih mau diambil sendiri atau diantar kurir. Wah, praktis ya. Pokoknya anti kelaparan selagi punya uang, hehe... 

Traveloka memang selama ini bisa diandalkan untuk membantuku mengorganisir seluruh keperluan perjalananku. Mulai dari tiket hotel baik dalam maupun luar negeri, pesawat baik dalam maupun luar negeri, tiket atraksi atau wisata, dan masih banyak lagi fitur yang bisa digunakan di aplikasi Traveloka. 


Jikalau aku tidak jadi untuk berangkatpun, mereka menyediakan dan menawarkan tiket dengan refund. It's gonna be simple and easy.



Selain itu aplikasi mereka juga sangat keren. Karena saat memilih orderan, di tanggal estimasi pemesanan tertera harganya, jadi kita bisa milih hari apa harganya murah. Kita masih bisa rescheduled kalau gak mau mahal. Ini worth banget.


Selain itu selama liburan aku juga sering dapat discount guys. Seneng banget pokoknya. Bagaimana? Apakah teman teman tertarik juga untuk berlibur ke dua kota itu seperti aku? Yukk...ambil koper atau ransel kita, kita jalan jalan lagi, healing lagi, dan #LihatDuniaLagi.

Yuk #LihatDuniaLagi dan bikin #staycayionJadi dengan Traveloka! langsung meluncur ke Traveloka disini https://trv.lk/kompetisi-lihatdunialagi-bloggerperempuan








Tag:
Traveloka, teman hidupku, lihat dunia lagi, bloggerperempuan, traveling, wisata Bandung, wisata Malang, hotel Bandung, hotel Malang, Batu Malang, Wisata Batu, Staycation di Bandung, Staycation di Malang, Gunung Bromo, Jatimpark, Lembang Bandung

6 komentar:

YUNITA SINTHA DEWI mengatakan...

Memang traveloka the best. Aku pun beberapa tahun lalu liburan, pesan pesawat dan hotel murahnya di traveloka. Asli memudahkan kita banget 😍😍

Nova Zamil mengatakan...

Iyaa nih kak, saya suka yang simpel makanya nyaman pakai traveloka. Makasih sudah mampir ya kakak 🤗

Anonim mengatakan...

Jadi pingin ke Bromo gara gara liat postingan ini

Nova Zamil mengatakan...

Hayukk kakak ke Bromo 😁

Zaza mengatakan...

Pakai Traveloka sepertinya mudah ya

Nova Zamil mengatakan...

Iyaa kakak, lebih simpel dan praktis aja. Ada E-tiket juga. Jadi gak usah ngeprint. Gak nunjukin E-Tiket juga biasanya di hostel atau hotel sebutin nama kita aja udah masuk ke sistem mereka.

Diberdayakan oleh Blogger.