Kenapa Cewek Menstruasi Suka Marah / Emosi Gak Jelas?

Hal yang paling ditakuti atau yang membuat kaum Adam kesal salah satunya adanya perubahan mood beberapa wanita di saat masa menstruasinya. Sudah menjadi hal lumrah dari telinga ke telinga kalau wanita suka marah marah saat haid. Tapi gimana sih kok bisa seperti itu? Apa hubungannya? Yukk..simak terus sampai habis ya.
Sumber : deythere.com

Apa itu Haid/Menstruasi?

Haid atau Menstruasi adalah pelepasan dinding rahim (endormetrium) yang disertai dengan pendarahan secara berulang umumnya sebulan sekali jika sel telur atau ovum pada wanita tidak dibuahi. Pendarahan biasanya disertai dengan pelepasan selaput lendir rahim atau mukosa uterus melalui vagina. Pendarahan ini dialami oleh wanita yang sehat usia subur, tidak hamil, dan belum menopause. Haid ini biasanya dialami anak remaja usia 11-13 tahun tapi tidak menutup kemungkinan usia kurang atau lebih dari itu baru mengalami menstruasi pertama (menarche) atau haid pertama ini. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh gizi remaja, kesehatan fisik dan juga berat badan.

Apa Hubungan Dengan Emosi?

Wanita yang sedang haid biasanya cenderung peka atau sensitif dan kurang mampu mengatur emosinya. Perubahan hormon saat haid inilah yang biasanya disalahkan karena menyebabkan kemarahan wanita yang kadang tidak jelas atau tak beralasan. Biasanya wnaita akan menjadi lebih mudah marah dan tersinggung. Bisa saja dikarenakan kondisi fisik maka psikisnya juga terganggu. Hal lainnya biasanya menyertai haid yaitu rasa gelisah, ganguan tidur, mudah lelah, fisik lemah, nafsu makan berbubah kadang ingin makanan tertentu, payudara sakit atau bengkak, perut kembung atau sakit, sakit kepala, kram perut bagian bawah, sakit sendi atau pegal, mual, diare atau sembelit dan paling umum gangguan kulit atau berjerawat. Tapi secara fisik ada beberapa individu yang tidak merasakan apa apa saat haid akan datang atau saat mengalami haid. Peristiwa tidak nyaman tadi biasanya terjadi beberapa hari sebelum haid datang dan saat haid datang biasanya beberapa wanita akan mengalami keram perut atau haid yang menyakitkan (desminore).

Di dalam tubuh wanita memiliki dua hormon. Progesteron dan Ekstrogen. Kedua hormon ini mengalami peningkatan dan penurunan saat masa siklus menstruasi atau masa ovulasi. Hormon estrogen meningkat saat pelepasan sel telur. Pada saat sel telur tidak dibuahi sperma maka sel telur akan masuk ke mukosa dinding rahim dan saat menstruasi inilah hormon tersebut perlahan turun dan kemudian akan meningkat kembali. Salah satu sistem saraf yang dipengaruhi hormon ini adalah endorfin yang mendatangkan suasana hati, rasa nyaman dan kesenangan. Sekain itu hormon ekstrogen juga dapat meningkatkan kadar serotin, sistem saraf yang mempengaruhi emosi dan perilaku makan dan tidur. 

Efek hormon estrogen setiap wanita tentu akan berbeda. Sebagian wanita lebih sensitif terjadap fluktuasi ekstogen dalam tubuhnya. Kelompok wanita inilah yang rentan mengalami mood swing atau perasaan yang tidak jelas itu. Yang biasanya membuat para pria kebingungan. Jujur, wanita itu sendiri juga kadang bingung mengapa ia bisa tiba tiba sangat sensitif, kadang gampang marah, tersinggung hingga menangis tanpa alasan, atau bahkan mencari gara gara untuk bertengkar. Hehe... Tapi kembali lagi, perlu adanya pengendalian emosi. Jika remaja atau dewasa muda biasanya memang emosinya belum bisa terkontrol, namun jika usia 25 tahun keatas diharapkan sudah nemiliki pengendalian emosi yang baik.

Biasanya selain pada siklus menstruasi atau ovulasi, perubahan mood yang sensitif ini bisa teejadi saat kondisi stress, depresi, atau cemas yang berlebih karena ekstrogen gampang naik dan turun . Diet juga bisa mengakibatkan beberapa orang emosinya tidak stabil loh, nanti kita bahas di pembahasan lainnya ya. 

Beberap tips untuk menjaga emosi saat tengah haid
1. Olahraga secara rutin terutama sebelum menstruasi
2. Banyak minum air putih
3. Konsumsi makanan, minuman atau cemilan yang sehat
4. Hindari konsumsi teh saat menstruasi 
5. Konsumsi susu rendah lemak dan mengandung kalsium bila perlu vitamin untuk menjaga stamina atau daya tahan tubuh.

Selain poin tersebut, pada masa mendekati menstruasi, sebisa mungkin hindari dari perdebatan yang tidak perlu terutama masalah sensitif yang dapat menimbulkan pertengkaran, di pending dulu ya guys. Hindari pikiran dari overthinking berlebih.



Sumber:
Sinta Muwirtasari dan Bimono. 2010. Perbedaan Kepekaan Sensitivitas Emosi Pada Saat Haid & Tidak Haid. Jurnal Psikologi ISSN 1858-3970. Vol. 6 No. 1. 36-40.
dr Meva Nareza. Mood Buruk Saat Datang Bulan Ini Penjelasannya. Diposting 09 November 2020 di alodokter.com




Tag:
Cewek menstruasi, gambar cewek menstruasi, siklus menstruasi, menstruasi, menstruasi adalah, cewek marah gak jelas, jelaskan proses terjadinya menstruasi dan hormon yang berperan, hormon menstruasi, fase menstruasi, tanda tanda menstruasi, menstruasi pada seorang perempuan menandakan, siklus menstruasi normal, apa itu menstruasi, menstruasi terjadi karena, tanda menstruasi

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.