Khasiat Buah Bit Untuk Kesehatan


Mungkin sebagian orang sudah mengetahui apa itu buah bit, namun mungkin juga masih ada yang belum mengetahui apa itu buah bit dan apa manfaatkan untuk kesehatan. Buah bit atau beetroot sebenarnya adalah akar yang berbentuk umbi lapis dari tanaman sayuran bit. Umbi lapis ini mirip dengan bawang bombai namun dengan tekstur yang keras dan berwarna merah tua dan sedikit seperti ungu. Banyak orang yang mengonsumsi buat ini untuk kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Mereka biasanya mengolah buah ini dengan cara yang sederhana yaitu dibuat jus. Banyak manfaat dari buat bit, beberapa diantaranya;

Perkembangan Janin

Buah ini sangat kaya akan asam folat sekitar 148/100 gram dan kalium 330/100 gram Sehingga bagus untuk ibu yang sedang hamil dan membantu perkembangan janinnya, terutama perkembangan otak dan sumsum tulang belakang.

Pencegah Anemia

Asam folat ini juga adalah kunci dari pembentukan sel-sel darah merah atau eritrosit sehingga sangat baik untuk pencegahan anemia.

Pencegahan Sel Kanker

Selain sel darah merah, dia juga akan merangsang pembentukan sel darah putih yang bertugas sebagai salah satu sistem imun atau pertahanan dengan fagositosis zat zat atau sel sel asing yang masuk ke dalam tubuh kita. Disamping merangsang menghasilkan sel darah putih tersebut, buat bit sangat kaya dengan antioksidan seperti yang terlihat dari warna yang buah ini miliki. Layaknya kulit manggis, memiliki warna merah tua keungu-unguan yang menandakan kaya akan antioksidan. Antioksidan itu sendiri sangat bagus untuk mekanisme pertahanan dan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh kita.

Pembersih Alami

Buah ini sangat tinggi akan serat, sehingga mengonsumsi buah ini setiap hari sekali atau dua hari sekali, sangat bagus untuk pembersihan alami ginjal, kantung empedu, dan khususnya sebagai pembersihan isi perut secara alami. Bagi yang menderita sembelit, buah ini adalah solusinya. Wajar saja jika meminum jus buah ini kemudian beberapa saat dia akan buang buang air besar, semua memang terjadi karena mengonsumsi obat pembersih alami ini secara rutin.

Tapi jangan mengonsumsi buah bit ini dalam skala besar, karena jika anda memakannya terlalu banyak atau kerap, justru dapat menurunkan kadar kalium dalam tubuh. Selain itu dapat merusak bahkan memperparah ginjal khususnya yang memang sudah menderita gagal ginjal.

Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis, yang terjadi apabila pankreas tidak menghasilkan insulin yang adekuat, atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang diproduksinya. Hal ini mengakibatkan terjadinya peningkatan konsentrasi glukosa dalam darah yang dikenal dengan istilah hiperglikemia. Buah ini mengandung antioksidan alpa hepoic yang dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah dan meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga bagus untuk menderita diabetes.

Buah ini biasanya banyak dijual asar maupun di supermarket. Bagi teman-teman yang ingin mencoba silahkan yaa...

By Nova Zamil, S. KM

Tag: Khasiat Buat Bit, Manfaat Buat Bit, Buah Bit

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.