Kuliner di Kuala Lumpur Yang Harus Dicoba

Jika main di suatu daerah atau lokasi wisata yang membuat kita harus bermalam, tentu akan membuat kita memikirkan makanan khas atau kuliner apa sih yang ada di lokasi tersebut. Hal demikian yang membuat aku pribadi sangat ingin menikmati makanan khas negeri Jiran ini.

Dikarenakan multietnisnya Kuala Lumpur, maka banyak sekali makanan bahkan perpaduan makanan dari etnis Melayu, Chinese, India, Arab, Indonesia dan etnis lainnya. Beberapa makanan yang wajib dicoba di Malaysia khususnya Kuala Lumpur, sudah aku list di bawah ini loh.

1. Nasi Lemak

Tak heran lagi jika negeri Jiran terkenal dengan nasi lemak atau nasi enaknya. Sampai anak kecilpun tahu karena serial upin ipin. Nasi lemak ini kalau di Indonesia sama seperti nasi uduk atau nasi gurih. Hal yang membedakan mungkin penyajian atau kondimen di piringnya. Kalau di Indonesia biasanya pakai telur sambal atau telur dadar, kering tempe atau bihun plus tempe goreng atau bakwan goreng (duh jadi pingin makan 🙄). Nah kalau di Malaysia biasanya tuh sambal, ikan teri, telur rebus, kadang ada ayamnya dan lalapannya biasanya timun. Rasanya ya cocok enak. Mau coba? 

Koleksi pribadi

2. Ais ABC

Nah, penggemar upin ipin pasti juga tahu jajanan satu ini. Es ABC ini bak seperti es campur di Indonesia. ABC (Ais Batu Campur). Banyak rumah makan atau kedai yang menjual es ini di seluruh Kuala Lumpur. Aku paling suka kalau es ini kalau ditambah kacang merah guys, enak aja gitu. Nah biasanya namanya jadi Es Kacang.

Sumber : vekong.com

3. Karipap

Jajanan pasar Malaysia ini adalah yang paling aku sukai. Hampir setiap pagi aku selalu keluar penginapan mencari pak cik atau mak cik yang membuka stand makanan di pinggiran jalan. Selain membeli nasi gorengnya yang menurut aku bumbunya lebih ke masakan India, aku selalu membeli karipap ini guys. Sekilas mirip dengan pastel Indonesia. Hanya saya tektur kulit karipap lebih renyah dan empuk. Isiannya juga aku lebih suka ke sayuran seperti kentang dan daging. Bumbunya ditambah merica atau lada, seperti halnya bumbu kari. Pokoknya enak poll. Kalau teman teman mau beli biasanya tiap pagi banyak yg jualan di jalanan. Seperti foto dibawah ini. Karipapnya yang sedang diambil oleh seorang pembeli btw itu dadar gulungnya gede banget loh, banyak kue Indonesia yang kita temukan dijual di stand stand pagi hari khususnya wilayah Pasar Seni depan Central Market dan yang jualan kebanyakan dari Indonesia juga. Sedangkan pak Cik yang membungkus itu ternyata orang Medan guys, wkwk akhirnya ku ganti panggil Abang dong. 


4. Teh Tarik
Teh tarik memang menjadi minuman khas dari negeri jiran ini guys.Tak jarang bahkan banyak turis turis yang pulangnya membawa oleh oleh teh tarik kemasan. Banyak dijual hampir di semua kedai di Kuala Lumpur Malaysia. Bahkan kedai ala India pun menyediakan minuman ini guys. Aku paling suka citra rasa teh tarik ini yg creamy dan sangat segar. Untuk harganya juga dibandrol murah. Wajib nyicipin teh tarik di negara aslinya kalau ke Malaysia khususnya Kuala Lumpur baik yang hangat maupun yg ais yaa...

5. Milo
Ada apa gerangan dengan brand minuman satu ini? Iyaa...sudah hal yang wajar saat orang Indonesia ke Malaysia pergi ke minimarketnya hanya untuk mencari Milo Malaysia. Pasalnya Milo bubuk minuman di Indonesia ini rasa coklatnya lebih berasa sedangkan di Indonesia lebih berasa susunya dengan warna yang lebih light. Wahh penasaran ora? Beberapa kali aku ke Malaysia juga, aku selalu menyempatkan membeli es krim Milo yang dijual hanya sekitar 1.5 Ringgit saja. Apa kalian juga penasaran dan ingin membawa oleh oleh ini juga?


6. Nasi Kandar
Nasi khas Penang ini sudah menjadi salah satu makanan khas Malaysia secara menyeluruh. Bahkan kita bisa mendapatkannya di Kuala Lumpur. Makanan ini sangat mirip dengan nasi padang karena adanya nasi yang diguyur kuah kari dengan tambahan lauk seperti daging sapi, ayam, cumi, udang, atau seafood lainnya dan sayuran sesuai dengan selera. Wahh, saya jadi laper membayangkannya.

sumber: tripadvisor.co.uk

7. Asam Laksa Penang
Walau makanan ini khas Penang, tapi kita bisa menemukan makanan ini penjuru Malaysia termasuk di Kuala Lumpur. Makanan ini sangat khas dengan segarnya kuah asam pedas. Kondimennya berupa mie atau bihun dengan dipadukan topping  yang biasanya berupa selada, ikan, nanas, cabai, timun, dan bawang. Bagaimana? Tertarik mencoba? Atau malah tertarik membuat?

Sumber : https://ippinramen.com/

8. Wan Tan Mee
Sudah menjadi hal yang umum jika mengetahui banyak sekali orang Chinese dan Makanan Chinese di Kuala Lumpur. Makanan satu ini memang makanan khas masyarakat Tionghoa karena adanya percampuran budaya tersebut, makanan ini sangat populer di Singapore dan Malaysia. Wan Tan Mee terbuat dari mie yang dimasak dengan bumbu Barbeque dan Kecap kedelai hitam dan di tambah daging ayam dan pangsit rebus. Untuk orang Tionghoa biasanya mereka menambahkan lemak babi agar lebih nikmat. Tapi untuk muslim, biasanya dijual secara halal tanpa lemak babi.
Sumber: souperdiaries.com

9. Curry Me
Karena banyaknya etnis Chinese dan India di Kuala Lumpur, varian hidangan ini sangat wajib dicoba. Hidangan dari mie kuning atau mie sohun disiram dengan kuah kari pedas dengan berbagai isian seperti seafood, daging ayam, daging sapi, telur sangat menggugah selera. Ada yang menyebutnya dengan nama Kari Langsa. Mau coba?
Sumber: Vkeong.com

10. Lapis Sarawak
Kue cantik satu ini adalah kue lapis yang berasal dari Sarawak. Rasanya mirip lapis legit, jika dilihat dari bentuknya yang sangat indah dan cantik maka tentu dibutuhkan kesabaran yang besar dan waktu yang sedikit lama untuk membuat satu loyangnya. Kue ini menjadi buruan wisatawan mancanegara saat berlibur ke Malaysia.

11. Mie Siam
Hidangan dari mie bihun beras tipis  ini sangat populer di Malaysia dan Singapore khususnya orang Melayu. Hidangan ini dipadukan dangan bumbu saus pedas, manis, asam di tambah dengan daun bawang, kucai, jeruk nipis, touge, dan telur.
Sumber: myopenrice.com

Sebenarnya masih banyak lagi kuliner khas Malaysia yang bisa dicicipin di Kuala Lumpur. Tapi teman teman bisa coba yang saya rekomendasikan di atas tadi yaa.




Tag:
Tempat Kuliner di Kuala Lumpur, Wisata Kuliner di Kuala Lumpur Malaysia, Kuliner di Kuala Lumpur, Tempat Wisata Kuliner di Kuala Lumpur

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.