Manfaat Konsumsi Buat Naga Untuk Kesehatan


Sumber: Bola.com

Buah ini awalnya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah yang bernama Pitaya. Sedangkan nama naga atau “dragon” diambil dari kepercayaan orang Vietnam yang selalu meletakkan buah ini diantara dua patung naga karena menganggap sangat diberkahi.

Buah naga terdiri dari beberapa jenis yang berbeda. Ada yang warna kulit merah muda dan dagingnya merah terang atau sedikit ungu, Ada yang kulit merah muda dan dagingnya merah tidak terlalu terang, Ada yang kulitnya merah dan dagingnya putih, dan yang terakhir warna kulit kuning dan daging berwarna putih. Tapi yang banyak diincar adalah daging yang berwarna merah.

Nutrisi yang terkandung dalam buah ini sangatlah banyak. Dalam 100 gram buah naga terdapat 60 kkal, 0,53 gram protein, 0,71 gram serat, 11,5 gram karbohidrat tidak kompleks (glukosa dan fruktosa), 134,5 mg kalsium, 0,65 mg zat besi, 87 mg fosfor, 9,4 mg vitamin C, dan vitamin B lainnya, hingga kadar air mencapai 87%.

Beberapa khasiat dan manfaat buah naga untuk kesehatan;

Mencegah Kanker

Buah ini kaya akan kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Dengan antioksidan tersebut, tubuh anda akan terlindung dari serangan radikal bebas yang dapat mencegah serangan kanker. Vitamin C juga berguna untuk mempercepat penyembuhan luka dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga bagus untuk kulit anda tetap sehat dan tidak kering.

Untuk Kesehatan Jantung

Buah naga kaya akan kandungan B3. Kandungan B3 buah naga berkhasiat menurunkan jumlah kolesterol jahat dan menaikkan jumlah kolestrol baik. Kandungan B3 juga mampu membuat tekanan darah tetap normal. Selain itu, buah naga kaya akan potassium atau kalium. Produksi potassium dapat mendukung fungsi jantung, otot, saraf, sistem pencernaan, dan melancarkan aliran darah sehingga tekanan darah tinggi dapat dicegah.

Melancarkan BAB

Dengan mengonsumsi buah yang kandungan serat tinggi, maka dapat meningkatkan kinerja saluran pencernaan dan menghindari konstipasi (sembelit). Selain itu, untuk meringankan kerja usus sangat membutuhkan serat, sehingga konsumsi buah ini dapat bermanfaat untuk kesehatan usus.

Mengindari Anemia

Jika anda sering mengalami anemia, maka disarankan untuk mengonsumsi buah merah ini. Buah naga ini mengandung mencukupi kebutuhan 8 persen zat besi di dalam tubuh kita dan juga vitamin B12 atau riboflavin yang diperlukan untuk membentukan sel darah merah yang menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

Kesehatan Tulang

Buah naga memiliki kandungan mineral yang tinggi seperti kalsium, fospor, dan zat besi. Zat tersebut sangat diperlukan untuk membuat tulang tetap sehat dan kuat. Sangat bagus dikonsumsi agar menghambat osteoporosis saat memasuki masa lansia. Jika dikonsumsi secara rutin, buah ini tidak hanya untuk menguatkan tulang saja tetapi juga menguatkan gigi.Selain itu, karena kandungan mineralnya yang tinggi maka buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil.

Buah naga banyak dijual oleh para pedagang buah dimanapun. Anda bisa membelinya dengan mudah. Oh ya, tapi bagaimanapun mengonsumsi buah naga berlebihan juga tidak baik. Misalnya bisa menyebabkan sakit perut, iritasi usus, dan kembung masalahnya buat ini memiliki serat yang tinggi.

By Nova Zamil, S. KM

Tag:
Manfaat buah naga, buah naga, konsumsi buah naga, kandungan buah naga

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.