Apa itu BPA Free? Apa Bahaya BPA Untuk Tubuh?

Jika saat membeli bahan bahan pecah belah plastik, apakah kalian menyadari sebagian besar ada label "BPA Free", lalu apa sih BPA Free itu? 

BPA merupakan singkatan bisphenol A – yang merupakan zat kimia yang sudah digunakan secara luas sejak tahun 1950-an. Bahan ini digunakan dalam plastik polikarbonat dan resin epoxy. 

Plastik polikarbonat adalah bahan yang digunakan untuk plastik plastik wadah makanan, seperti stoples, botol minum, dan tempat makan. Sementara, resin epoxy adalah bahan yang digunakan sebagai pelapis kemasan kaleng yang berfungsi untuk mencegah permukaan kaleng berkarat.

Jadi, BPA free adalah kemasan yang terbebas dari bisphenol A yang sering digunakan dalam bahan yang disebutkan tadi. 

BPA di dalam kemasan bisa terurai dan masuk ke dalam makanan yang tersimpan di dalam kemasan tersebut sehingga jika dikonsumsi akan masuk ke dalam tubuh manusia. Food and Drug Administration menyebutkan bahwa BPA aman jika masuk ke dalam tubuh dalam jumlah kecil. Akan tetapi penggunaan yang tidak tepat bisa memicu terurai nya dan pelepasan BPA yang lebih banyak.

BPA disebut dapat menjadi pemicu berbagai masalah kesehatan di otak dan kelenjar prostat pada janin, bayi, dan anak-anak. Bahan kimia ini juga dipercaya dapat memicu perubahan perilaku anak. Sedangkan pada orang dewasa, BPA berisiko menyebabkan gangguan kesuburan, baik pada wanita maupun pria.

Sebuah penelitian menunjukkan wanita dengan riwayat keguguran berulang memiliki kadar BPA tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang sukses dengan kehamilannya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pria dengan kadar BPA tinggi memiliki kecenderungan menghasilkan embrio dengan kualitas yang rendah.

Selain itu, penelitian lainnya menyebutkan bahwa BPA meningkatkan risiko hipertensi, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular saat BPA masuk ke dalam tubuh dan menjadi layaknya estrogen pada manusia. Walaupun penelitian tentang BPA masih sangat terbatas dan masih terus terulang. Penggunaan BPA telah dilarang di beberapa negara, seperti Kanada, China, dan Malaysia. Larangan ini umumnya berlaku hanya untuk produk khusus bayi dan anak-anak. Tetapi tahap tersebut merupakan tahap preventif yang bagus untuk generasi bebas BPA. 



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.