Apa itu Zero Waste? Zero Waste Adalah...


Pengertian Zero Waste 

Zero Waste atau nol sampah adalah konsep yang menekankan upaya mengurangi sampah hingga nol sampah, menggunakan barang sekali pakai yang berpotensi menjadi sampah dengan bijak dan juga upaya pengelolaan sampah untuk meminimalisir sampah yang dihasilkan. 


Kenapa Sampah Harus Kita Tangani? 

Sampah adalah salah satu pencemaran udara, air, tanah, bisa menjadi sarang penyakit, dan menurunkan estetika atau keindahan. Sampah juga dapat merusak keseimbangan alam dan ekosistem bumi. 

Bau  busuk sampah yang menumpuk dapat mencemari udara. Selain itu aroma busuk sampah dapat mengundang hewan hewan seperti tikus, lalat, nyamuk, yang notabene hidup berdampingan dengan manusia. Hingga jika hewan hewan itu bersentuhan dengan manusia seperti hingga di makanan, makan tentu bisa menyebabkan bibit penyakit untuk manusia itu sendiri. 

Sampah yang masuk ke aliran air dapat mencemari air dan menyebabkan air menjadi kotor sehingga dapat mengganggu ekosistem air, membunuh hewan hewan air bahkan airnya bisa menjadi water born disease atau bibit penyakit yang berasal dari menggunaan air yang kotor seperti diare, tifus, penyakit kulit, dll. Selain itu sampah yang masuk ke danau dan laut juga dapat mengganggu ekosistem atau hewan hewan yang ada di dalamnya. Sehingga kematian dan kepunahan hewan hewan tersebut tidak terelakan. Lalu manusia juga kan yang merugi jika ikan di lautan teracuni atau tercemari sampah? Sampah yang masuk dan menyunbat aliran air pun bisa menjadi masalah seperti banjir bandang, manusia lagi kan yang kena dampaknya? Tanah yang tercemari sampah juga dapat mencemari air tanah di dalamnya.

Selain itu, alangkah buruknya jika kita melihat lingkungan yang penuh dengan sampah. Apa kita masih mau berfoto ria dengan tempat seperti itu? Apakah nyaman duduk di dekat tumpukan sampah yang mungkin berbau busuk dan dihubungi lalat lalat. Alangkah merusak keindahan bukan?


Yaa, maka dari itu mari menjaga lingkungan kita dari sampah. Konsep zero waste mungkin bisa menjadi gaya hidup kita saat ini. Mengambil peran pengolahan sampah dari diri kita sendiri dulu dan terapkan kata kata serta pemikiran karena sampahku tanggung jawabku. 


Cara Menerapkan Zero Waste Dari Diri Sendiri 

Ada banyak cara untuk membuat kita terlibat dalam zero waste. Diantaranya dengan menerapkan konsep 7R


1. Rethink

Pikirkan kembali jika hendak membeli barang yang dapat berpotensi menjadi sampah. Pikirkan apakah sangat membutuhkan barang tersebut. Jika kelak menjadi sampah solusi yang harus dilakukan apa. Jika dibuang dibuang kemana supaya tidak mencemari alam, jika mau didaur ulang harus bagaimana. Sebaiknya pikirkan kembali jangan sampai sampah itu menjadi masalah di lingkungan. 

2. Refuse

Menolak menggunakan barang sekali pakai misal plastic bag dan barang barang plastik lainnya yang sulit terurai. Penjual atau produsen bisa mengoptimalkan atau berinovasi menciptakan atau menggunakan wadah lebih ramah lingkungan. 

3. Reduce

Mengurangi barang yang berpotensi bisa menjadi sampah. Misalnya dengan membawa reusable bag, kotak makan (reusable container) dan alat makan (garpu, sendok, sumpit set) serta botol minum sendiri sehingga tidak membutuhkan wadah plastik kemasan lagi. Selain itu mengganti barang barang di rumah dengan yang ramah lingkungan misal sikat gigi, sisir, mug, atau benda lainnya yang bisa terbuat dari bahan kayu sehingga mudah terurai jika tidak digunakan setelahnya. 

4. Refuse

Gunakan lagi barang yang tidak terpakai. Jadi jangan asal buang barang yang sudah tidak terpakai. Misal baju usang, mungkin bisa saja di design ulang menjadi model baru atau benda lain seperti biasa atau masker. Menjual barang yang sudah tidak terpakai atau preloved barang, biasanya banyak yang mencari barang barang bekas layak pakai loh, seperti baju, buku, elektronik, dll. 

5. Repair

Memperbaiki barang barang yang rusak juga bisa meminimalisir sampah. Misal memperbaiki reseleting pakaian atau tas, memperbaiki alas sepatu yang atasnya masih bagus, atau barang elektronik yang rusak. 

6. Recycling

Menyortir atau memilah sampah dan mendaur ulang sampah berdasarkan jenisnya. Misal organik bisa digunakan untuk kompos yang bisa digunakan kembali, nonorganik seperti botol dan plastik bisa untuk kerajinan tangan seperti tas, dompet, karpet, dan kerajinan tangan lainnya. Banyak tutorial tutorial yang beredar di internet untuk mendaur ulang sampah bekas nnorganik. 

7. Rot / Composting

Membuat kompos dari sampah sampah organik seperti sampah rumah tangga (sayuran, kulit kulit bumbu, buah buahan), dedaunan. Kompos bisa menjadi pupuk untuk tanaman tanaman bahkan bisa untuk dijual kepada para petani. 


Mungkin itu saja yang bisa aku bagikan dengan teman teman. Semoga bisa membuka wawasan dan informasi terkait apa sih itu zero waste. Mari terapkan zero waste lifestyle dari diri kita. Salam lestari untuk kita semua?! 


Tag: 

Zero waste, zero waste adalah, zero waste Indonesia, Zero waste artinya, zero waste lifestyle, apa itu zero waste, zero waste lifestyle, poster zero waste, infografis zero waste

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.