Cara Menunda Kehamilan

 Terkadang menunda kehamilan perlu dilakukan oleh pasangan suami isteri dengan berbagai alasan. Misalnya pengantin baru yang masih ingin mengejar cita cita, pekerjaan, pendidikan, dll, mengatur jarak kelahiran anak, atau mungkin karena penyakit kronis yang mengharusnya untuk mengatur kehamilan. 



Ada beberapa cara nih moms untuk mencegah kehamilan.

1. Kontrasepsi Alami

Pencegahan kehamilan dengan alami dapat dilakukan dengan metode kalender. Ini berlaku bagi yang hari menstruasinya teratur jadi bisa dihitung kapan masa suburnya. Jangan berhubungan badan disaat masa subur atau ovulasi. 

Cara berikutnya dengan ejakulasi di luar rahim, sehingga sperma yang keluar tidak di dalam yang menyebabkan kehamilan, namun cara ini berdasarkan penelitian hanya efektif 78% saja. Selebihnya masih ada kemungkinan cairan praejakulasi bisa menyebabkan kehamilan.

Masih ada cara berikutnya untuk menjaga jarak kehamilan yang efektif 6 bulan setelah melahirkan dan belum mengalami menstruasi yaitu metode Amenore Laktasi atau menggunakan metode ASI Eksklusif. Metode ini menghambat keluarnya sel telur dari ovarium karena pelepasan hormon prolaktin yang bertugas merangsang produksi ASI.


2. Kontrasepsi

Banyak sekali jenis kontrasepsi seperti   meminum pil KB, suntik KB, implan KB, atau pemasangan IUD,  serta melakukan KB secara rutin. Untuk baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau bidan di tempatmu untuk menggunaannya ya. Bisa juga dengn memakai kondom saat berhubungan.


3. Kontrasepsi Darurat

Jika poin pertama dan kedua tidak dilakukan dan terpaksa sperma keluar di dalam pada masa subur atau karena kondom bocor maka solusinya adalah kontrasepsi darurat. Biasanya yang dijual berupa pill yang mengandung lavonorgestrel yang mencegah melepasnya sel dan pembuahan, tapi bisa saja terjadi kehamilan jika memang ovum sudah siap menunggu sperma dan sperma langsung membuahi ovum. Obat ini efektif jika diminum sebelum 72 jam. Obat ini jenis obat keras yang harus diresep dokter dan hanya diminum dalam kondisi darurat bukan untuk setiap saat karena pasti memiliki efek sampingnya sendiri.


4. Operasi Steril

Jika Moms dan Dads sudah saling komitmen dan tidak ingin memiliki anak lagi, solusinya dengan operasi tubektomi (wanita) atau vasektomi (laki laki). Vasektomi dengan memotong saluran yang membawa sperma ke testis sehingga yang keluar saat ejakulasi hanya air mani tanpa sperma. Sedangkan tubektomi dengan memotong, mengikat, atau menutup saliran telur atau tuba falopi untuk menghalangi sel telur masuk ke rahim dan dibuahi sperma.


Setiap kontrasepsi ada resiko dan efek sampingnya sendiri sendiri. Terkadang setiap orang memiliki efek sampingnya sendiri sendiri dan kecocokan yang berbeda beda. Oleh sebab itu silahlan bisa konsultasikan ke doktermu atau bidanmu yaa...





Referensi :

Alodokter.com. 1 Mei 2023. Cara Menunda Kehamilan Yang Aman & Efektif di link https://www.alodokter.com/catat-ini-berbagai-macam-cara-menunda-kehamilan


Alodokter.com. 12 September 2022. Kenali 8 Cara Mencegah Kehamilan Saat Aktif Berhubungan Intim di link https://www.alodokter.com/kenali-8-cara-mencegah-kehamilan-saat-aktif-berhubungan-intim



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.