Hipertensi Pada Ibu Hamil Bahaya Tidak?

Fase kehamilan apalagi yang dinanti nantikan pastilah suatu kabar yang mengembirakan. Namun kehamilan di umur 35an ternyata bisa menyebabkan seorang ibu hamil mengalami hipertensi yang dapat menyebabkan kondisi yang buruk terhadap diri dan kesehatannya.


Apa itu Hipertensi? 

Hipertensi merupakan suatu kondisi meningkatnya tekanan darah dalam tubuh manusia. Biasanya di katakan darah tinggi jika sistolik lebih dari atau sama dengan 140 mmHg dan diastolik lebih dari atau sama dengan 90 mmHg setelah dua kali pengukuran terpisah pada ibu hamil.

Menurut American Society of Hypertension (ASH) hipertensi adalah suatu sindrom atau gejala kardiovaskuler yang progresif atau berkelanjutan sebagai akibat dari kondisi lain yang kompleks dan saling berhubungan sehingga bisa dikatakan ada faktor faktor resiko penyebab tertentu dari hipertensi. Misalnya usia kehamilan ibu hamil, riwayat hipertensi, gaya hidup misal konsumsi natrium misal garam, stress ibu hamil,  BACA faktor apa saja yang menyebabkan hipertensi dan supaya ibu hamil terhindar dari hipertensi, silahkan klik DISINI.


Hipertensi Ibu Hamil Bahaya Tidak?

Hipertensi dalam kehamilan dapat menyebabkan morbiditas atau kesakitan pada janin contohnya saja pertumbuhan janin terhambat di dalam rahim, lahir prematur serta mortalitas atau kematian janin. Selain itu hipertensi juga dapat mengancam nyawa ibunya contohnya saja kejang eklamsia, pendarahan otak,  edema paru, gagal ginjal akut dan pengumpulan darah di dalam pembuluh darah bahkan hal tersebut dapat menyebabkan kematian. Hipertensi pada kehamilan merupakan penyebab kematian terbesar pada ibu hamil.

Ibu hamil, mulai dari kehamilan awalnya harus menghindari faktor faktor resiko yang menyebabkan hipertensi. Mengikuti kegiatan program pemantauan kehamilan di posyandu atau rumah sakit sangat dianjurkan karena tekanan darah bisa dipantau selama kehamilan.

Baca selengkapnya penyebab hipertensi kehamilan dan supaya terhindar dari hipertensi, klik DISINI

Semoga kita berikan kesehatan selalu, terimakasih.


Nova Aziyah, S.KM

Refensi :

Ni Putu Aryani, dkk. Journal of Fundus. Studi Kasus Hipertensi Dalam Kehamilan. Vol 1 No 1 Mei 2021.

Laksono, Sidhi dan Maarie. Herb - Medicine Journal. Hipertensi Dalam Kehamilan : Tinjauan Narasi. Vol 5 No. 2 April 2022.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.