Manfaat Jamu Kunyit Asam dan Cara Buat Jamu Kunyit Asam

Bagi yang suka meminum Jamu Kunyit Asam pasti penasaran dong apa sih manfaat Jamu kunyit asam untuk tubuh kita. Lalu bagaimana cara buat jamu kunyit asam sendiri di rumah. Yukk kita bahas lengkapnya.

sumber : cookpad.com/lie anna


Asal Usul

Kunyit atau kunir dengan nama latin Curcuma longa L, tergolong dalam kelompok jahe-jahean atau Zingiberaceae. Kunyit termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari Asia Tenggara. Rimpang kunyit memiliki pewarnaan jingga-kuning yang kuat. Rempah ini memiliki kandungan kurkumin yang memberikan efek kuning.
Sedangkan Asam Jawa (Tamarindus Indica L) termasuk tumbuhan tropis tergolong kedalam famili Leguminoceae atau tanaman kacang kacangan. Asal usulnya diperkirakan berasal dari Afrika bagian barat kemudian terdistribusi ke wilayah India dan Asia Tenggara termasuk ke Indonesia.
Sedangkan kombinasi keduanya yang menjadi bahan Jamu di kalangan Masyarakat Indonesia yaitu Jamu Kunyit Asam. Jamu sudah ada sejak abad 625 M. Jamu Kunir Asem merupakan salah satu jamu dalam bentuk cairan yang dikonsumsi oleh masyarakat Jawa pada awalnya dan diwarisakan turun temurun oleh nenek moyang.

Kandungan dan Manfaat

Kombinasi kunyit yang terkenal dengan kandungan kurkumin dan asam jawa yang kaya mineral penting, seperti magnesium sangat bermanfaat untuk tubuh. Beberapa diantaranya yaitu:

1. Mengatasi penyakit lambung

Buah asam jawa sering digunakan sebagai pencahar untuk mengatasi kontipasi atau sembelit atau susah BAB. Karena adanya efek relaksasi otot termasuk pada saluran pencernaan saat seseorang mengonsumsi asam jawa.
Kunyit merangsang produksi enzim pencernaan, dan meningkatkan nafsu makan. Selain itu juga dapat meredakan masalah pencernaan seperti kembung dan gangguan lambung.

2. Menjaga kesehatan tulang

Asam jawa kaya akan kandungan mineral, termasuk magnesium, kalsium, dan kalium. Dengan terpenuhinya kebutuhan magnesium dan kalsium, maka kesehatan tulang bisa terjaga dengan baik.

3. Meredakan nyeri

Beberapa penelitian menyatakan adanya kaitan efek antiperadangan dari kurkumin dengan meredanya nyeri sendi dan nyeri haid. 

4. Menjaga kesehatan wanita

Tanaman rempah ini juga baik untuk menjaga kesehatan bagian kewanitaan. Jamu ini sudah lama menjadi pengobatan tradisional untuk kesehatan reproduksi wanita. Minuman rempah ini memiliki sifat antimikroba yang membantu melawan infeksi vagina, seperti infeksi ragi atau infeksi bakteri. Oleh karena itu, senyawa aktif di dalamnya dapat membantu meredakan gejala seperti gatal, peradangan, dan bau yang tidak sedap.

5. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Asam jawa kaya akan kandungan senyawa polifenol yang memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolestrol total, kolesteol jahat atau LDL, hingga trigliserida. Kadar kolesterol yang terkendali berefek baik untuk kesehatan jantung.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Asam jawa kaya akan asam amino esensial. Asam amino akan membantu produksi antibodi dan sel-sel dalam sistem imun, sehingga bisa meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Selain kontribusi dari asam jawa, efek jamu kunyit asam dalam menjaga daya tahan tubuh juga didukung dengan kandungan kurkumin di dalam kunyit diketahui punya efek antiperadangan. Kandungan vitamin C dalam asam jawa dan sifat imunomodulator dalam kunyit membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

7. Menangkal efek paparan radikal bebas

Kunyit asam mengandung senyawa antioksidan, seperti kurkumin, yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan penuaan dini.

8. Menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker

Polifenol di dalam buah asam jawa dan kurkumin memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Kandungan ini diyakini bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker. Kurkumin, senyawa aktif dalam kunyit, memiliki sifat antikanker. Rempah ini dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker dan mencegah pembentukan tumor. Meski begitu, masih membutuhkan studi lebih lanjut terkait khasiat ini.

9. Manfaat lainnya

Selain itu, rempah ini juga memiliki sifat anti peradangan dan antibakteri yang baik untuk kesehatan kulit. Oleh karena itu, masker yang terbuat dari bahan ini membantu mengurangi jerawat, mencerahkan kulit, menghilangkan noda hitam. Kombinasi kunyit dan asam jawa dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Senyawa di dalamnya dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur metabolisme glukosa dalam tubuh. Ahli diet dari Amerika Serikat, Nicole Hopsecger, RD, juga mengungkapkan bahwa curcumin mungkin berperan dalam mencegah perkembangan penyakit Alzheimer. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat tersebut.

Namun, dari semua manfaat di atas ada yang harus diingat. Kunyit asam ini harus dikonsumsi dalam batas wajar dan jangan berlebihan. Pada beberapa orang, mengonsumsi jamu kunyit asam dalam jumlah banyak malah bisa menyebabkan diare, sakit kepala, atau iritasi kulit. Selain itu, bila kamu memiliki kondisi medis tertentu, tapi ingin minum jamu kunyit asam, sebaiknya tanyakan dulu ke dokter untuk keamanannya, ya. Bagi saya sendiri nih, saya mungkin kurang cocok meminum jamu kunyit asam ini untuk asam lambung yang saya derita mungkin juga karena saya meminumnya langsung dalam jumlah banyak. Hal itu mengakibatkan perut malah akan menjadi panas dan tambah perih sehingga saya harus meminumnya dalam kadar yang sedikit sedikit saja.

Bagaimana cara pembuatannya? 

Untuk membuat jamu kunyit asam yang perlu disiapkan :
- 200 gram kunyit
- 100 gram asam jawa
- 200 gram gula merah aren (sesuai selera, manis menyesuaikan)
- Air untuk merebus
Untuk cara pembuatannya sebagai berikut :
1. Cuci bersih kunyit kemudian haluskan kunyit bisa diparut atau di blender 
2. Didihkan air masukkan kunyit, gula dan juga asam jawa dan biarkan sampai mendidih lagi, jangan terlalu lama cukup 2 menit saja
3. Saring air rebusan (bisa tambahkan madu (opsional))
4. Siap dikonsumsi baik hangat atau dingin

Akan lebih baik jika semua bahan dicuci bersih, Kunyit diparut kemudian langsung dicampur asam jawa dan juga gula serta air panas ( tidak direbus) karena semua kandungan masih alami dan tidak berkurang dalam proses pemasakan. Karena beberapa kandungan seperti vitamin C dapat larut dalam air, cepat rusak dan mudah teroksidasi dalam suhu panas (Mulyani, Sri dkk, 2014)



Referensi


Mulyani, Sri, Bambang Harsojuwono dan Gusti Puspawati. 2014. Potensi Minuman Kunyit Asam Sebagai Minuman Kaya Antioksidan dalam Agritec Journal, Vol 3(1) 1 Februari 2014, pp 65-71.

Jalil, muhammad, dkk. 2021. Jamu Kunir Asem: Tinjauan Etnomedisin oleh Peramu Jamu Jawa di Yogyakarta dalam Jurnal Jamu Indonesia. Vol. 6 (1). pp 8-15.

Jalur Rempah Kemendikbud.go.id dalam Artikel Funfac Kunyit pada https://jalurrempah.kemdikbud.go.id/funfact/Kunyit diakses 28/11/23.

Utami, Ni Wayan F dan Keswari Krisnandika. 2016. Pendekatan Fisik dan Ekologis Penggunaan Pohon Asam Jawa Sebagai Tanaman Tepi Jalan di Sekeliling Trotoar Lapangan Puputan Badung, Denpasar dalam E journal Arsitekrur Lansekap vo.2 (2) pp 177 - 186.

Alodokter.com. 2023. dalam artikel Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kesehatan dipost 14 Februari 2023 ditinjau dr. Merry Pane di https://www.alodokter.com/8-manfaat-jamu-kunyit-asam-untuk-kesehatan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.